Siraman Air Keras Bapak Tiri Rusak Wajah Samuel

179

MAGETAN – Kenyataan pahit harus dirasakan Samuel Kristiani. Parasnya tak sempurna. Bekas luka bakar tampak kentara di sebagian wajah bocah 11 tahun itu. Kondisi itu akibat ulah bapak tirinya yang tega menyiram air keras lima tahun silam.

Ismiatun, ibunya, kini hanya pasrah. Samuel dulu saat TK sempat mogok sekolah. Anaknya sering menangis karena menjadi korban bullying teman-teman. ’’Mungkin teman-temannya merasa risih dengan wajah anak saya yang aneh dan menjijikkan,’’ kata Ismiatun saat ditemui Radar Magetan kemarin (22/1).

Ismiatun lantas bercerita kejadian nahas penyebab Samuel cacat di wajah dan leher. Kejadiannya pada Desember 2013. Usai salat Subuh, mendadak Hariyanto, suami keduanya, tanpa alasan jelas memaksa Samuel minum kopi yang sudah dicampur air keras. Tak hanya memaksa minum, kopi itu juga disiramkan ke wajah Samuel. ’’Luka bakar serius, saya langsung bawa ke rumah sakit ditolong tetangga,’’ ujarnya.

Spontan Samuel menangis dan mengaduh kesakitan. Pasca mendapat perawatan, kondisi psikis anaknya drop. Apalagi saat kejadian dia masih TK.  Beban berat dengan wajah tak sempurna harus dipikul. Luka bakarnya saat itu mencapai 30 persen di wajah dan leher.  ’’Saatnya senang-senang bermain, malah kondisinya seperti ini. Sempat tidak mau sekolah,’’ tutur warga Desa Patihan, Kecamatan Karangrejo, Magetan, itu.

Alasan tidak mau sekolah sudah jelas. Samuel saat itu sempat di-bully teman-temannya. Ismiatun terus memberikan dukungan moril. Termasuk dari kerabat yang meminta Samuel tetap sekolah. ’’Hanya sebulan mogok sekolah, setelah itu hilang-hilang sendiri,‘’ terangnya.

Menurut Ismiatun, Samuel kini sudah bisa membaur dengan teman-temannya di rumah dan sekolah. Saat ini Samuel tercatat sebagai siswa kelas IV SDN Patihan. Dengan kondisi yang dialami, anaknya itu juga tidak neko-neko. Samuel tergolong anak yang pendiam dan suka menolong.  Proses pengobatan saat ini terus dilakukan dengan klaim ke BPJS. Pada saat menjalani perawatan sampai Surabaya, pengobatan Samuel dibiayai salah satu perusahaan ternama. ’’Saya belum berpikir Samuel akan operasi plastik, karena memang tidak punya biaya,’’ ungkapnya.  (mgc/c1/ota)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here