Sinyal Koalisi Belum Pasti, Ipong Siap Mendaftar di Semua Partai

171

‘’Saat ini, komunikasi politik sudah terjalin dengan baik. Tapi, dinamika pasti berkembang. Setidaknya, awal tahun depan sikap-sikap partai lain baru terlihat jelas.’’ SYAIFUDIEN DIMYATI, Ketua DPD Partai NasDem Ponorogo

———————

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Butuh keajaiban untuk menandingi manuver Partai Nasional Demokrat (NasDem) dalam kontestasi Pilkada 2020 mendatang. Selain mengusung petahana, partai ini tak menghentikan langkahnya menggalang dukungan politik secara masif. Tidak berhenti dengan menggandeng sejumlah partai besar di Bumi Reyog. Kendati tak ada yang pasti dalam dunia politik.

Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai NasDem Ponorogo Syaifudien Dimyati mengatakan, langkah politik yang dilakukan beberapa waktu terakhir bagian petunjuk dari Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Nasional Demokrat (NasDem). Tak boleh jemawa apalagi lengah, meski telah menduduki sepuluh kursi legislasi. ‘’Kami ajak semua partai berangkat bersama-sama,’’ ujarnya.

Pekan lalu, Bupati Ipong Muchlissoni resmi mendaftar penjaringan bacabup lewat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Kala itu, lima pentolan partai, termasuk Syaifudien, mendampingi sang petahana. Syaifudien tak menampik bahwa lewat cara itulah sinyal koalisi ditegaskan partainya. ‘’Sesuai yang disampaikan Pak Ipong, kami berusaha membangun komunikasi dengan partai mana pun,’’ tuturnya.

Toh, banyak partai yang menyambut positif jalinan komunikasi tersebut. Dari semua partai, hanya Partai Keadilan Sosial (PKS) yang belum diajak berkomunikasi. Sebaliknya, mereka juga belum mengawali komunikasi dengan NasDem. Menurut Syaifudien, komunikasi yang lancar antarpartai bisa menjadi awal yang baik menyambut pilkada mendatang. ‘’Tentu setiap partai juga punya kebijakan tersendiri. Komunikasi itu hal yang biasa dalam politik. Sebagai langkah awal, kami melihat ini direspons positif,’’ katanya.

Langkah yang dilancarkan NasDem, kata Syaifudien, sudah sejalan dengan petunjuk DPP. Yakni, meminta daerah untuk menjalin komunikasi yang baik dengan partai lain. Jika perlu, Ipong akan mendaftar ke seluruh penjaringan bacabup yang dibuka partai-partai. Tak hanya PDIP. Dengan begitu, harapannya rekomendasi dari banyak partai akan diperoleh sang petahana. ‘’Bisa jadi hal itu dilakukan. Yang utama, kami ingin menghadapi pilkada nanti dengan kekuatan penuh. Meskipun sudah sepuluh kursi dan memenuhi syarat, tidak terus berangkat sendiri begitu,’’ terang Syaifudien.

DPD NasDem pun, lanjutnya, akan membuka penjaringan. Sekalipun mereka juga sudah positif memberangkatkan Ipong Muchlissoni. Mekanisme itu tetap harus ditempuh, sepatutnya partai politik lain. Di mata Syaifudien, sikap partai lain juga bisa berubah seiring dinamika yang terjadi. ‘’Saat ini, komunikasi politik sudah terjalin dengan baik. Tapi, dinamika pasti berkembang. Setidaknya, awal tahun depan sikap-sikap partai lain baru terlihat jelas,’’ pungkasnya. (naz/c1/fin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here