Sikapi Manuver Demokrat Hadapi Pilkada Pacitan 2020, PKB Emoh Terbawa Perasaan

67

‘’Penjajakan dengan partai lain tetap kami lakukan.’’ Fibi Irawan, Ketua DPC PKB Pacitan

————————-

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) emoh baper (terbawa perasaan). Terutama dalam menyikapi manuver Partai Demokrat jelang Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) 2020. Hingga saat ini DPP Demokrat belum meneken rekomendasi. Sehingga, membuat partai lain, termasuk PKB yang ingin berkoalisi, harus menahan diri.

Karena itu, PKB memilih melakukan langkah politik lain. Termasuk antisipasi jika Demokrat benar-benar menutup pintu koalisi. ‘’(Rekomendasi) itu urusan partai (Demokrat). PKB dan NU tetap akan melakukan langkah-langkah politik guna mewujudkan formulasi yang terbaik,’’ kata Ketua DPC PKB Fibi Irawan Minggu (29/9).

Menurut dia, pendekatan tidak hanya dengan Demokrat. Meski partai peraih 14 kursi di DPRD Pacitan itu superpower. PKB juga menggandeng Partai NasDem dan PPP. Bahkan, dengan Partai Berkarya, PKS, Hanura, hingga Gerindra. Itu untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan yang terjadi. ‘’Penjajakan dengan partai lain tetap kami lakukan,’’ ujarnya.

PKB pun terus mengakrabkan diri untuk menyatukan visi dan misi dengan Nahdlatul Ulama (NU). Tokoh agama di Pacitan bakal dikumpulkan dalam halaqah alim ulama dan kiai kampung. Fibi menyebut dalam waktu dekat. Rencananya digelar di gedung NU Pacitan. ‘’Saat ini kami masih konsolidasi di tingkat bawah,’’ tuturnya.

Fibi pun belum terbuka siapa kandidat yang akan diajukan dalam kontestasi pilkada tahun depan. Pihaknya masih tahap penjaringan. Anggota DPRD dari daerah pemilihan (dapil) Punung-Donorojo itu menyebut bahwa target incarannya wakil bupati. Sejumlah nama yang sempat mencuat di antaranya Nurul Huda, Mahmud, Ahmad Ikhsan, Insa Ansori, M. Toha, Damhudi, hingga Fibi. ‘’Tokoh yang merepresentasikan PKB dan NU,’’ sebutnya.

Sebelumnya, Ketua DPC Partai Demokrat Pacitan Indartato tidak ingin berspekulasi. Dia bakal mengikuti rekomendasi Ketum DPP Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Hingga kini, Demokrat belum banyak berproses menghadapi Pilkada Pacitan. Termasuk penjaringan bakal calon. Pasalnya, mekanisme penjaringan juga belum didapat. (odi/c1/sat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here