PolitikPonorogo

Siapa Menjadi Apa Tergantung Dinamika

‘’Saya berharap Kang Narto (Sunarto, Red) bisa memimpin DPRD Ponorogo dengan baik.’’ IPONG MUCHLISSONI, Ketua Bappilu DPW Partai NasDem Jatim

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Alasan pemilihan Sunarto sebagai ketua definitif oleh Partai Nasional Demokrat (NasDem) terjawab. Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPW Partai NasDem Jatim Ipong Muchlissoni menyebut bahwa Sunarto dipandang oleh DPP punya pengalaman politik yang cukup. ‘’Sunarto bukan anggota yang benar-benar baru di DPRD Ponorogo,’’ kata Ipong kepada Radar Ponorogo.

Selain nama Sunarto, DPP NasDem juga memilih Mukridon Romdloni sebagai sosok yang akan menjadi ketua fraksi NasDem. Pemilihan kedua nama itu telah sesuai prosedur yang berlaku di internal partai. Pertama, DPD NasDem menggelar seleksi terhadap para kandidat dengan membentuk tim panitia seleksi (pansel). Hasilnya, keluarlah tiga nama untuk diusulkan. ‘’Baik untuk usulan ketua fraksi maupun ketua DPRD,’’ bebernya.

Seluruh usulan lantas dilayangkan ke DPP melalui DPW. Yang kemudian berhak memutuskan adalah DPP. DPP juga tidak serta merta memilih. Selain mendasarkan pilihan dari berbagai pertimbangan yang disampaikan DPD, DPP juga memanggil secara khusus calon yang dikehendaki. Sunarto dan Mukridon pun sudah bertolak ke ibu kota seminggu sebelum surat keputusan (SK) dari DPP turun, pekan lalu. ‘’Penetapan ini (Sunarto dan Mukridon, Red) atas pengajuan dari DPD. Siapa menjadi apa, tentu tergantung dinamika yang ada,’’ ujar Ipong yang juga bupati Ponorogo itu.

Alasan Sunarto dipilih sebagai ketua definitif karena pengalaman. Sunarto diketahui sempat lebih dari satu periode duduk di DPRD ketika masih mewakili PAN. Meski, calon lain yang juga diusulkan sebenarnya juga berpengalaman. Contohnya, Sukirno. ‘’Ini jadi yang ketiga (periode 2019-2024). Pengalamannya bisa menjadi bekal yang baik dalam memimpin DPRD Ponorogo sampai lima tahun ke depan,’’ tuturnya.

Lebih lanjut, Ipong menyebut bahwa penetapan tersebut telah sesuai prosedur yang semestinya. Baik di ranah internal partai maupun perundangan. ‘’Saya berharap Kang Narto (Sunarto, Red) bisa memimpin DPRD Ponorogo dengan baik,’’ ucapnya. (naz/c1/fin)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close