Siap-Siap Jalankan Tiga Perda Inisiatif, Dewan Lebih Dulu Sosialisasi

27

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Pengimplementasian tiga perda inisiatif DPRD Kota Madiun mulai disosialisasikan kepada masyarakat Kamis (8/8). Adapun tiga produk hukum yang dipaparkan oleh dewan itu berupa Perda 44/2018 tentang Penyelenggaraan Reklame, Perda 42/2018 tentang Tanggung Jawab Sosial Perusahaan, dan Perda 46/2018 tentang Pengelolaan Rusunawa.

Ketua DPRD Kota Madiun Istono mengatakan, sosialisasi itu sebagai tindak lanjut ditetapkannya produk hukum tersebut pada 19 Juli lalu. Sekaligus untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat. ’’Saya berharap masyarakat bisa memahami substansi dari perda tersebut. Serta untuk selanjutnya dapat diimplementasikan di lingkungan tempat tinggal masing-masing,’’ katanya Kamis (8/8).

Menurutnya, masyarakat wajib mengetahui agar mereka tidak gagap tentang informasi. Sehingga, dapat berperan aktif dalam pembangunan di Kota Madiun. ’’Harapan kami, mereka dapat menyosialisasikan apa yang didapatkan dalam sosialisasi ini kepada masyarakat lain. Sehingga, tidak ada alasan bahwa mereka nggak tahu perda ini perda apa. Intinya bahwa masyarakat jangan sampai memandang tabu terhadap perda-perda ini,’’ terang Istono.

Terpisah, Sekda Kota Madiun Rusdiyanto mengapresiasi keberhasilan DPRD dalam mengusulkan perda inisiatif. Melalui sosialisasi yang dilakukan dewan, harapannya ketika perda tersebut dijalankan, masyarakat sudah memahami apa yang menjadi hak dan kewajibannya. Termasuk sanksi yang akan dijatuhkan jika melanggar perda. ’’Namanya perda, ini tugasnya atau fungsinya adalah untuk mengatur. Sehingga dengan dijalankannya perda ini mungkin ada hak-hak masyarakat yang merasa terkurangi,’’ tuturnya.

Rusdiyanto menambahkan, keberadaan tiga perda inisiatif itu juga secara otomatis telah membantu pemkot dalam meningkatkan pembangunan dan ekonomi daerah. Sekaligus membantu melancarkan jalannya program perencanaan yang sudah disusun oleh wali kota. ’’Lha, inilah saatnya kita bisa memberikan pemahaman sehingga perda nanti bisa berlaku efektif di masyarakat dan tujuan utama untuk mengatur itu bisa tercapai,’’ ujarnya. (her/c1/ota/adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here