Ponorogo

Setahun 500 PNS Pemkab Ponorogo Pensiun

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Rencana pusat kembali membuka rekrutmen CPNS dan calon pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (CPPPK) merupakan angin segar. Pasalnya, angka PNS pensiun di daerah terbilang tinggi.

Di lingkup Pemkab Ponorogo, dalam kurun waktu setahun terakhir saja ada sekitar 500 PNS yang memasuki masa pensiun. Dari jumlah itu, banyak yang merupakan tenaga fungsional. Tidak sedikit pula pejabat setingkat eselon II-B.

‘’Belum termasuk target pemerintah pusat yang menginginkan adanya penyeragaman status paling lambat 2023 nanti. Artinya, penyesuaian itu juga harus terus berjalan,’’ kata Kepala BKPPD Winarko Arief Jumat (13/9).

Selain menyeragamkan status lewat rekrutmen CPPPK, pemkab juga dituntut menambal kekosongan pegawai itu akibat tingginya angka pensiun. Pemkab lantas mengusulkan 177 formasi CPNS. Dengan perincian, 92 tenaga pendidik, 32 tenaga kesehatan, serta 53 tenaga teknis. ‘’Ponorogo termasuk tinggi (angka pensiunnya),’’ ujar Winarko sembari menyebut untuk rekrutmen CPPPK pemkab mengusulkan 345 formasi.

Jika berlanjut, Winarko optimistis akan lebih banyak posisi yang terisi dibanding pada rekrutmen CPNS dan CPPPK sebelumnya. Posisi dokter spesialis, misalnya, pada seleksi 2018 lalu minim pelamar. Pasalnya, batas usia dipatok 35 tahun. Sementara, fakta di lapangan, banyak dokter dengan gelar spesialis yang baru siap terjun mengabdi selepas 35 tahun. ‘’Masa belajar dokter memang tergolong lama. Mulai pendidikan dokter umum sampai dapat spesialis,’’ jelasnya. (naz/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
               
         
close