Seratus Tentara Negatif Narkoba

81

MADIUN  – Maraknya peredaran narkoba saat ini membuat pimpinan Komando Distrik Militer (Kodim) 0803 Madiun menempuh langkah preventif bagi anggotanya. Kemarin (18/12) secara mendadak instansi itu mengundang petugas Dinas Kesehatan dan KB  Kota Madiun untuk mengadakan tes urine bagi 100 anggota berseragam doreng itu.

Kebanyakan tentara yang menjalani pemeriksaan itu bertugas di lapangan, antara lain intel dan babinsa. ’’Ini sebagai upaya meminimalkan pelanggaran yang berkaitan dengan narkoba di satuan TNI,’’ kata Dandim 0803 Madiun Letkol Czi Nur Alam Sucipto usai penyuluhan pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan, dan peredaran gelap narkoba (P4GN) di aula Makodim.

Dia mengungkapkan, semua orang berpotensi menggunakan narkoba karena pengaruh dari lingkungan. Tanpa kecuali anak buahnya. Karena itu, pengujian urine pun dilakukan. Hasil sementara, belum ada sampel urine anggotanya yang terindikasi mengandung narkotik dan obat terlarang lain. ‘’Seluruhnya negatif,’’ tegas Nur Alam.

Bila ada anggotanya yang mbeling, dia tak segan-segan menindak. ‘’Kalau ada yang terbukti menyalahgunakan narkoba, akan dijatuhi sanksi berat berupa pemberhentian secara tidak hormat,’’ terang mantan pasukan perdamaian PBB di Kongo tersebut.

Dia yakin, dengan tes urine mendadak semacam itu, anggotanya akan berpikir ribuan kali untuk coba-coba menggunakan narkoba. ‘’Kalau sanksi itu sudah ada aturannya. Yang jelas pasti ditindak tegas. Apalagi kalau sampai terbukti mengedarkan itu (narkoba, Red) bisa lepas baju. Ibaratnya itu dilepas secara tidak hormat dari kesatuan,’’ ujar Nur Alam.

Yang jelas, saat ini institusinya sudah menyatakan perang terhadap narkoba. Nur Alam juga menjelaskan bahwa pengecekan urine bagi anggotanya sudah dilakukan beberapa kali. Bahkan, dilakukan secara rutin setiap tiga bulan dan diterapkan secara acak kepada mereka yang dinilai mencurigakan. ’’Kami mengajak masyarakat untuk bersama-sama memerangi narkoba. Karena lebih besar kerugiannya daripada manfaatnya,’’ tandasnya. (her/c1/ota)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here