Serangan Lalat Resahkan Warga

88

MAGETAN – Setelah sempat diserang ulat beberapa waktu lalu, kini giliran lalat yang meresahkan warga Magetan. Kemarin (30/1) kumpulan lalat tampak di sejumlah wilayah Kecamatan Magetan. Salah satunya di warung Pariyem.

Dia mengatakan bahwa lalat itu datang dari salah satu kandang ayam yang berada di samping rumah miliknya. Serangan lalat itu memang selalu datang setiap musim panen ayam datang. Namun, serangan kali ini jauh lebih parah dibanding tahun sebelumnya. Di mana dalam sehari dirinya bisa mengumpulkan setidaknya lebih dari dua kilogram dari hasil jebakan yang telah dipasang, ‘’Serangan lalat ini cukup meresahkan, dalam tiga hari sudah 6 kilogram terkumpul,‘’ katanya.

Dirinya sudah kerap melaporkan kejadian tersebut kepada pihak terkait. Tapi, hingga saat ini belum ada tanggapan. Terutama dari pemilik kandang. Perempuan yang setiap hari berjualan kopi dan makanan itu terang saja merasa resah karena banyaknya lalat yang hinggap di warung miliknya. ‘’Setiap panen, pasti warung saya tutup dua minggu,‘’ ungkapnya.

Menanggapi laporan yang sudah dilayangkan sebagian warganya, Kasi Opsdal Satpol PP Khamim Basori bersama Kapolsek Kota Magetan AKP Iin Pelangi langsung melakukan pengecekan di kandang ayam milik salah seorang pegawai negeri sipil (PNS) Pemkab Magetan itu. Dalam pengecekan lapangan, pihaknya membenarkan adanya lalat yang cukup banyak sehingga meresahkan warga sekitar.

Sebagai tindak lanjut, pihaknya segera melayangkan surat panggilan kepada pemilik kandang tersebut. Mengingat kasus ini, menurut dia, harus dilakukan kajian terkait izin lingkungan yang dikeluarkan oleh dinas terkait. “Kami akan kirim surat panggilan kepada pemilik kandang, karena ini sudah sangat meresahkan,‘’ ungkapnya. (mgc/c1/her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here