DPRD Ponorogo Sepakati Delapan Fraksi

604
2019-2024: Pimpinan sementara DPRD mengumumkan susunan fraksi di DPRD.

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Wakil rakyat sepakat membentuk delapan fraksi untuk mewarnai legislatif selama lima tahun ke depan. Keputusan tersebut diumumkan melalui rapat paripurna pengumuman nama fraksi dan struktur keanggotaannya Kamis (5/9). Dengan rampungnya pembentukan fraksi, masih ada dua pekerjaan lain yang menanti beberapa pekan ke depan. ‘’Hari ini (kemarin, Red) kami sudah memasuki tahap kedua dengan diumumkannya struktur dan anggota fraksi di DPRD,’’ kata Sunarto, ketua sementara DPRD.

Seperti yang sudah diprediksi, sebagian besar partai politik akhirnya membentuk fraksi tersendiri. Partai Nasional Demokrat (NasDem) yang memenangi Pileg 2019 lalu dengan hasil sepuluh kursi mendapat tambahan satu kursi lagi dari Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) yang memilih bergabung dengan mereka. Sementara, Partai Amanat Nasional (PAN) sepakat membentuk Fraksi Amanat Persatuan bersama Partai Persatuan Pembangunan (PPP). ‘’Ada empat tugas utama yang harus segera ditunaikan wakil rakyat baru,’’ ujarnya.

Pertama, Sunarto dan Fikso Rubianto berkewajiban memimpin sejumlah rapat penting. Kedua, pembentukan fraksi yang sudah diumumkan kemarin. Ketiga, perancangan peraturan dan tata tertib DPRD. Keempat, memfasilitasi penetapan pimpinan definitif. ‘’Seluruh anggota dewan terpilih sepakat berkomitmen untuk menjadikan kinerja DPRD lebih baik lagi,’’ tuturnya.

Sunarto menyebut, dewan tidak akan berlama-lama dalam menuntaskan seluruh kewajiban itu. Hari ini, wakil rakyat akan melanjutkan tahap kedua. Yakni, pembahasan mengenai perancangan tata tertib DPRD. Sunarto ingin agar tata tertib baru nantinya tidak sekadar aturan formalitas. Pihaknya akan mencermati tata tertib lama dan membahas berbagai perbaikan. ‘’Kami harap tidak hanya hitam di atas putih. Melainkan benar-benar aplikatif untuk seluruh anggota. Serta, memacu kinerja agar lebih baik lagi,’’ pungkasnya. (naz/c1/fin/adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here