Seniman Bidik Jalan Pasar Baru Magetan Jadi Bursa Barang Antik

138

MAGETAN– Kawasan Pasar Baru Magetan (PBM) punya spot selfie baru lagi. Setelah lukisan mural di jalan dan pagar sisi utara, kini Jalan Pasar Baru itu kian berwarna. Deretan lampion berbentuk bintang menghiasi saat malam hari. Warna-warninya membuat para pengguna jalan melambatkan laju kendaraannya dan mendongak. ‘’Lampunya cantik,’’ kata Aprilia Saraswati, salah seorang pengguna jalan, kemarin (26/1).

Warga Kelurahan Tambran, Magetan, itu sempat kaget saat melintas. Sebab, kawasan utara PBM itu awalnya sepi saat malam hari. Nyaris tak ada aktivitas. Bahkan, dia terkadang takut lewat jalan itu. Namun, setelah dipasang puluhan lampion warna-warni, rasa takut itu sirna. Dia malah jadi doyan ngopi di kafe sebelah utara PBM tersebut. ‘’Keren dijadikan background foto. Penuh warna,’’ girangnya.

Sugeng Wahyono, anggota Mageti Art, mengatakan sudah sepekan ini Jalan Pasar Baru dihiasi lampion. Setidaknya ada 50 buah lampion yang dipasang melintang jalan. Jangan dikira mahal harganya. Lampion itu terbuat dari kantong kresek bekas. Kerangkanya bambu yang dibuat perajin di sekitar PBM. ‘’Lampion ini daur ulang. Memanfaatkan sampah plastik,’’ ungkapnya.

Untuk menyalakan lampion, warga sekitar pasar berbaik hati berbagi energi listrik. Lampion itu disalurkan ke rumah-rumah warga. Mereka pun sangat welcome karena membuat tampilan lingkungannya lebih cantik. Apalagi penggunaan lampu LED tidak menyedot banyak energi. Sehingga, biaya listrik tidak begitu mahal. ‘’Warga antusias. Karena lingkungan sini jadi lebih ramai,’’ bebernya.

Wahyono menambahkan, pemasangan lampion itu masih tahap awal. Sebab, nantinya jalan tersebut akan dijadikan pasar barang antik. Para seniman Magetan bisa mendapat tempat untuk berkumpul sekaligus memasarkan dagangan mereka. Namun, rencana untuk merobohkan pagar pasar baru dipastikan gagal. Sebab, pagar itu sudah berhias mural. ‘’Rencananya akan dirobohkan. Karena tidak jadi, akhirnya kami lukis sekalian,’’ pungkasnya. (bel/c1/sat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here