Ponorogo

Sengketa Antartetangga Gandukepuh Selesai

Bongkar Pagar, Bupati Saksinya

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Sengketa antartetangga di Gandukepuh, Sukorejo, selesai Rabu (29/7). Akhirnya, Mistun bersedia membongkar pagar untuk memberi akses rumah Widodo. Itu sesuai putusan Pengadilan Negeri (PN) Ponorogo yang memenangkan gugatan Widodo. ‘’Bu Mistun dan warga mematuhi putusan PN,’’ kata Nur Cahyo, warga setempat.

Kemarin puluhan warga mendatangi rumah Mistun. Selain membantu pembongkaran, mereka juga memberi dukungan moril. Sebab, menurut warga, klaim Widodo tak sepenuhnya benar. ‘’Ini memang tanah Bu Mistun, tapi digunakan bersama untuk jalan antar-rumah,’’ ujarnya, mewakili Mistun yang enggan diwawancara.

Terpisah, Widodo tetap mengklaim keluarganya berhak atas jalan menuju rumahnya. Dasarnya, pembagian warisan 1996 lalu. Karena itu, pihaknya menggugat Mistun.

Pembongkaran dimulai pukul 09.00 dan berakhir pukul 10.00. Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni menyaksikan langsung pembongkaran tersebut. Dia memerintahkan camat dan lurah menelusuri status tanah Mistun, Widodo, dan jalan tersebut. ‘’Tanah ini milik Bu Mistun, walaupun belakangan PN memutuskan menjadi jalan umum. Tapi, bukan jalan desa,’’ terangnya.

Ipong meminta Widodo, Mistun, dan warga setempat guyub rukun. Seharusnya, persoalan ini bisa diselesaikan antarwarga secara harmonis. ‘’Seharusnya yang membongkar juru sita, tapi dengan sukarela Bu Mistun dan warga bersedia membongkar sendiri, ini iktikad baik,’’ sebutnya. (naz/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
close