Sengatan Tawon Teror Truneng, Dua Warga Pingsan

322

MAGETAN – Teror serangan tawon Vespa affinis meresahkan warga Desa Truneng. Sudah banyak warga yang terkena sengatan. Pihak BPBD Magetan sampai menerjunkan tim untuk membumihanguskan sarangnya. ’’Sarangnya di pohon bambu, di pinggir jalan yang biasa dipakai akses aktivitas warga,’’ kata Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Magetan Fery Yoga Saputra.

Berdasar laporan, jumlah tawon mencapai ribuan. Bahkan, dua warga setempat sampai pingsan usai tersengat. ’’Korbannya ibu-ibu dan anak-anak,’’ ujarnya.

Melihat kondisi yang membuat resah tersebut, petugas BPBD dibantu tim SAR  membungkus sarang dengan kain. Juga menyemprotkan cairan racun pengusir serangga. Namun, rimbunnya pohon bambu tersebut membuat petugas kesulitan. Hingga akhirnya petugas membakar sarang tawon beserta ribuan tawon yang ada di dalam sarang. ’’Rencana mau kami asapi, tapi akhirnya kami bakar sarangnya,” terang Fery.

Tidak hanya sarang yang ukurannya sebesar kepala orang dewasa, sarang-sarang kecil di sekitarnya tak luput dibakar petugas. Pembakaran itu bertujuan agar tawon yang sudah membuat sarang pergi dan tidak meresahkan warga lagi. Jika serangga tersebut kembali membuat sarangnya lagi, Fery meminta warga segera melaporkan kepada petugas terdekat. ’’Sarangnya ada beberapa titik, yang dibakar dekat permukiman,’’ pungkasnya. (mgc/c1/ota)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here