Senam Zumba Makin Diminati

157

MADIUN – Senam zumba semakin diminati kaum Hawa Kota Madiun. Gerakan senam yang lebih energik membuat peminatnya didominasi perempuan muda. Pun gerakannya yang lebih powerful dipercaya mampu membakar lemak lebih cepat.

‘’Tapi, yang terpenting manfaat bagi kesehatan. Kalaupun akhirnya tubuh yang ideal, itu hanyalah bonus,’’ kata Dhining Wulansari, salah seorang instruktur senam zumba, kepada Jawa Pos Radar Madiun kemarin (5/5).

Menurut Dhining, senam yang diciptakan Alberto Perez itu sebaiknya dilakukan dengan sungguh-sungguh agar hasilnya maksimal. Dimulai dari gerakan kaki, dilanjutkan tangan. ‘’Kalau sudah lancar, bagian tubuh lainnya mengikuti tempo musiknya,’’ ujarnya.

Kata zumba sendiri berasal dari bahasa Kolombia yang artinya bergerak cepat. Iringan musiknya pun cenderung berirama nge-beat. Biasanya lagu latin berirama remix. ‘’Musiknya temponya lambat, cepat, lambat, cepat, gitu,’’ imbuhnya.

Layaknya senam aerobik, zumba diawali dengan pemanasan selama sekitar 10 menit. Setelah itu masuk ke senam inti dan ditutup dengan pendinginan. Bersamaan dengan itu suhu tubuh kembali normal serta detak jantung yang fluktuatif menurun. ‘’Kalau instruktur memberikan aba-aba dengan teriakan-teriakan menyemangati, sebaiknya diikuti dengan semangat. Itu bagian dari senam wajah,’’ paparnya. (mg2/c1/isd)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here