Senam Berpeluang Sumbang Emas di Ajang Porprov VI

40

MADIUN – Harapan besar mendulang medali emas di ajang Porprov VI Jatim datang dari cabang olahraga (cabor) senam. Rasa optimistis itu muncul setelah melihat progres latihan enam bulan terakhir. Selain itu, nama Apriliano, salah seorang atlet senam putra yang dimiliki Kota Karismatik, juga sudah disegani lawan-lawannya. ’’Semoga anak-anak bisa membuktikan kerja kerasnya selama ini,’’ kata Salma Rini, Wakil Ketua Persani Kota Madiun.

Senada disampaikan Heri Sumarsono, pelatih senam artistik. Menurutnya, peluang emas bisa disumbangkan Apriliano. ’’Semoga wasitnya netral,’’ ujarnya.

Pudji Hartiningsih, pelatih senam aerogym, menambahkan bahwa semua atlet diharapkan bisa mencatatkan prestasi. Termasuk menambah pundi-pundi koleksi medali bagi Kota Madiun. Pada Porprov V Jatim di Banyuwangi, cabor senam gagal mendapat medali. ’’Masuk lima besar. Kalah di kerapian, jatuhnya kurang rapi, angkatannya juga kurang,’’ beber Pudji.

Dia menambahkan, pada porprov VI ini Persani mengirimkan 9 atlet. Lima putri dan empat putra. Perinciannya, dua atlet di senam aerogym dan tujuh atlet senam artistik. Salah satu di antaranya, Kesya Nursyahada, sudah pernah mengikuti porprov saat di Banyuwangi 2015 lalu.

Lawan yang perlu diwaspadai tentu dari Kota Surabaya, Jember, Pasuruan, Kota Malang, Kabupaten Malang, serta tuan rumah. Di kejuaraan-kejuaraan sebelumnya, kota-kota itulah yang banyak mendapat medali.

Pudji mengatakan, anak didiknya sudah memulai persiapan sejak Januari lalu. Dengan porsi latihan tiga kali dalam sepekan. Kemudian usai Lebaran lalu, latihan dilakukan hampir setiap hari. ’’Kalau anaknya mampu ya latihan pagi sore, kalau tidak ya sekali saja,’’ terangnya.

Atlet-atlet yang akan berlaga di porprov mayoritas sudah berlatih lebih dari dua tahun. Bahkan ada yang sudah lima tahun menekuni olahraga yang membutuhkan kelenturan ini. Terkait persiapan, atlet senam yang usianya masih tergolong muda ini sudah sering mengikuti kejuaraan. Seperti pekan olahraga kota (porkot), pekan olahraga daerah (popda), kejuaraan daerah (kejurda), dan uji coba. ’’Untuk pembibitan, Persani mencari dari sekolah-sekolah,’’ jelasnya. (mgd/c1/ota)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here