Madiun

Semua Sopir Bus Wajib Tes Urine!

MADIUN – Faktor keamanan menjadi prioritas polisi untuk menekan laka lantas saat arus mudik-balik Lebaran 2019. Jumat (31/5), Satlantas Polres Madiun Kota mewajibkan seluruh sopir bus menjalani pemeriksaan kesehatan dan tes urine.

Wakapolres Madiun Kota Kompol Hanis Subiyono mengatakan, pemeriksaan itu sengaja dilakukan menekan kasus kecelakaan yang disebabkan karena human error. Adapun pemeriksaan itu meliputi tekanan darah, ketajaman mata, hingga kadar gula darah. ’’Selain itu, juga dilakukan pemeriksaan urine, apakah ada kadar alkohol dalam tubuh supir atau tidak,’’ katanya.

Dia mengungkapkan tujuan lain dari pemeriksaan ini dalam rangka menyambut lebaran, supaya pengemudi laik untuk mengemudi. Hanis menerangkan, sebagian besar kondisi yang sering terjadi pada sopir yakni kelelahan serta tekanan darah sedikit naik.

Setelah melakukan pemeriksaan dan nantinya hasilnya tidak sesuai, pihaknya akan merujuk supir tersebut ke dokter. ’’Dilihat tergantung kasus. Kalau masalah kesehatan nanti dirujuk ke dokternya. Kalau (terkena) narkoba, kami koordinasi dengan reskoba,’’ terang Hanis.

Namun dari tes kesehatan tersebut tidak ditemukan sopir yang kedapatan menggunakan narkoba. Kondisi kesehatan mereka juga stabil. Selain mengecek kondisi kesehatan sopir, jajaran polres juga mengecek kondisi mobil angkutan. Mulai dari kondisi rem, lampu utama, lampu stop, kondisi ban, dan kelengkapan surat dokumen. ’’Seperti izin trayek, STNK, dan KIR kami cek,’’ terangnya.

Hanis berharap agar sopir tidak ugal-ugalan di jalanan. Harus memperhatikan aturan berlalu lintas demi keselamatan penumpang dan pengendara lainnya. ’’Apalagi menjelang mudik, arus kendaraan sudah mulai padat. Tentu potensi kecelakaan bisa terjadi,’’ tukasnya. (her/ota)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close