Proyek Stadion Yosonegoro Ditarget Rampung 20 Desember

97
SARPRAS OLAHRAGA: Stadion Yosonegoro mulai dibangun kembali. Pembangunan mencakup perbaikan lapangan serta kawasan tribun barat dan tribun timur.

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Setelah sempat terhenti selama tiga tahun karena gagal lelang, renovasi Stadion Yosonegoro kembali dilanjutkan. Pengerjaan tahap kedua tersebut ditargetkan rampung pertengahan akhir tahun 2019.

Adalah CV Karya Mandiri yang menjadi pelaksana proyek peningkatan sarana prasarana (sarpras) olahraga tersebut. Khususnya pada paket pembangunan lapangan sepak bola. Tetapi, waktu yang dimiliki oleh rekanan proyek sangat terbatas. Dari seharusnya 150 hari, kini tinggal 130 hari.

Kabid Kepemudaan dan Olahraga Disdikpora Magetan Ambar Setyanto mengatakan, pembangunan lapangan itu seharusnya mulai dikerjakan Juli lalu. Namun, pembangunannya molor karena paket proyek itu harus diulang. ‘’Terpotong untuk retender,’’ katanya Rabu (21/8).

Saking terbatasnya waktu pelaksanaan pekerjaan, Ambar berharap pihak rekanan mampu bekerja sesuai on schedule. Tentunya dengan mempertimbangkan kualitas pekerjaan. Baik itu saat masuk tahapan penanaman rumput lapangan maupun ketika pembuatan sistem drainase agar tidak terjadi genangan saat hujan.

Untuk menyelesaikan seluruh tahapan tersebut, termasuk pembuatan lintasan lari, disbudparpora mengalokasikan anggaran sebesar Rp 2,1 miliar. ‘’Sebelumnya ada masalah dengan resapan (sistem drainase air, Red). Makanya kondisi lapangan menjadi tidak layak,’’ terangnya.

Saat ini progres pembangunan baru mulai berjalan. Tampak sebuah alat berat jenis backhoe dikerahkan untuk mengeruk lapisan tanah lapangan tersebut. Tribun sisi barat dan timur juga terlihat mulai digarap.

Adalah CV Muslim Jaya Mulia yang memenangkan paket pembangunan tribun sisi timur Stadion Yosonegoro tersebut. Konsepnya, tribun yang ada sekarang dibongkar, lalu dibangun kembali lebih tinggi. Selain itu, jarak antara tribun dengan lapangan akan didekatkan. ‘’Supaya jarak pandang meningkat. Penonton lebih nyaman saat menonton pertandingan,’’ jelas Ambar.

Sedangkan paket pembangunan tribun sisi barat dikerjakan oleh CV Fajar Indah. Saat ini progresnya masuk finishing. Tinggal mengganti beberapa part yang sudah rusak. Termasuk di antaranya bagian atap tribun yang sudah terlihat keropos.  ‘’Tribun barat ini sudah 5 persen progresnya. Karena pembangunan tribun lebih dulu ketimbang lapangan,’’ ujarnya.

Ambar berharap proyek lanjutan pembangunan Stadion Yosonegoro bisa selesai tepat waktu. Sehingga, dapat digunakan oleh masyarakat tahun depan. ‘’Kami sebenarnya hanya melanjutkan. Karena sejak awal yang mengerjakan stadion ini adalah DPUPR,’’ ungkapnya.

Sesuai surat perjanjian kontrak (SPK), pekerjaan itu ditargetkan tuntas pada 20 Desember mendatang. Namun, pihaknya berharap pekerjaan itu bisa selesai lebih cepat. Supaya urusan administrasi pencairan anggaran tidak tersendat. ‘’Penyiapan berkas ini biasanya yang lama,’’ kata Ambar. (bel/c1/her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here