Sekolah Pelosok Sepi Peminat, Ancam Sertifikasi Guru dan Perolehan BOS

587
MINIM: PPDB hari pertama di SMPN 2 Sidorejo sepi peminat. Sampai dengan Jumat (5/7) hanya 20 calon peserta didik yang mendaftar.

MAGETAN – Proses penerimaan peserta didik baru (PPDB) SD-SMP di Magetan dibuka Jumat (5/7). Namun, banyak sekolah yang sepi peminat. Di SMPN 2 Sidorejo misalnya. Pada hari pertama PPDB, tercatat hanya 20 calon peserta didik yang mendaftar.

Jumlah itu bahkan belum mencukupi siswa satu rombongan belajar (rombel). Di mana tiap rombel tediri 32 siswa. Sementara, SMPN 2 Sidorejo pada PPDB tahun ini membuka tiga rombel dengan dua ruang kelas. ‘’Memang hampir setiap tahun seperti ini,’’ kata Kepala SMPN 2 Sidorejo Sugeng Hariadi.

Lokasi sekolah yang berada di pelosok dan jauh dari jalan raya menjadi salah satu penyebabnya. Belum lagi jumlah siswa lulusan SD di wilayah itu terbatas. Kalaupun ada, SMPN 2 Sidorejo harus bersaing dengan sekolah lain. Seperti SMPN 1 Sidorejo dan MTsN Sidorejo. ‘’Mayoritas siswa berasal dari desa setempat (Sidomulyo, Red),’’ ujar Sugeng.

Minimnya jumlah siswa itu otomatis berdampak pada guru. Mereka kesulitan untuk mengejar sertifikasi karena dituntut jam mengajar. ‘’Memang cukup berat bagi kami yang setiap tingkat hanya memiliki satu rombel,’’ jelasnya.

Untuk menyiasati persoalan itu, kata Sugeng, para guru terpaksa mengajar di sekolah lain. Seperti di SMPN Maospati dan SMPN Poncol. ‘’Tapi, setiap pagi absen di sini dulu,’’ tuturnya.

Pengecualian bagi guru yang juga memiliki tugas tambahan sebagai wali kelas atau mengajar ekstrakurikuler. Mereka bisa menambah kewajiban jam mengajar. Sekalipun harus berbagi dengan guru tidak tetap (GTT), itu tidak menjadi soal. ‘’Kami tetap mengakomodir teman-teman GTT. Karena mereka yang babat alas sekolah ini,’’ ungkapnya.

Siswa minim juga berdampak pada perolehan dana bantuan operasional sekolah (BOS). Karena itu, pihaknya mesti cermat dalam pengelolaan dana tersebut. Salah satunya untuk membayar honor GTT dan PTT. (bel/c1/her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here