AdvertorialNgawi

Sekolah Negeri Mesti Kreatif dan Inovatif

Supaya Tidak Kalah Bersaing dengan Sekolah Swasta

NGAWIJawa Pos Radar Ngawi – Upaya pengembangan pendidikan SD-SMP negeri terus dilaksanakan secara berkelanjutan oleh Dinas Pendidikan (Dindik) Ngawi. Hal itu dilakukan supaya mereka tidak kalah bersaing dengan sekolah swasta.

Karena itu, dindik mendorong SD-SMP negeri untuk kreatif dan inovatif. Apalagi, dalam tiga tahun terakhir jumlah sekolah swasta di Ngawi terus bertambah. Sehingga, persaingan dalam mendapatkan siswa baru dan prestasi sangat ketat. ‘’Yang perlu diperhatikan adalah tingkat kepercayaan wali murid, kualitas program pendidikan, sarpras yang lebih kompetitif, dan kompetensi pengajarnya,’’ kata Kadindik Ngawi Muhammad Taufik Agus Susanto Kamis (12/3).

Oleh sebab itu, menurut dia, penting dalam mengelola manajemen berbasis sekolah (MBS). Misalnya, pengelola sekolah harus memahami keinginan peserta didik dan  wali murid. ‘’Pada dasarnya mereka cenderung ingin memperoleh pengetahuan agama yang cukup, tidak hanya cerdas dalam akademis,’’ ujarnya.

Dengan demikian, Taufik menekankan agar sekolah negeri mampu mempelajari keunggulan apa saja yang sudah ditawarkan oleh sekolah swasta dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Sebab, menurut dia, penekanan dalam pendidikan religius seperti yang diterapkan di madrasah ibtidaiyah (MI) maupun madrasah tsanawiyah (MTs) bisa menjadi poin tambahan. ‘’Maka dari itu, pendidikan agama juga mesti diterapkan di sekolah negeri melalui kegiatan ekstrakurikuler,’’ tuturnya.

Saat ini, kata dia, sudah ada beberapa SD-SMP negeri di Ngawi yang menerapkan langkah tersebut. Hasilnya ternyata efektif. Sekolah itu masih eksis di mata masyarakat. Namun, Taufik meminta profesionalisme dan tanggung jawab moral guru tetap dipegang teguh. Di samping itu, inovasi sekolah dalam meningkatkan kualitas SDM peserta didik. ‘’Dengan begitu, kepercayaan masyarakat terhadap sekolah negeri akan meningkat,’’ ucap Taufik. (rio/c1/her/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close