Sejumlah Kendala Warnai Hari Pertama UNBK SMA

27

NGAWI – Kepanikan sempat menyelimuti benak Oktavia pada hari pertama ujian nasional berbasis komputer (UNBK) SMA kemarin (1/4). Dua kali komputer peserta UNBK di SMAN 1 Kendal tersebut log out mendadak. Itu terjadi saat ujian sesi kedua.

Oktavia mengatakan, layar komputer yang sebelumnya menampilkan naskah soal, tiba-tiba kembali ke menu awal. Dia semakin gelisah saat kejadian yang sama terulang untuk kali kedua. ‘’Setelah disinkronkan lagi, alhamdulillah lancar,’’ ujarnya.

Kepanikan serupa dialami Ratih Dewi, peserta ujian lainnya. Namun, kendala yang terjadi bukan log out mendadak. Melainkan, kondisi naskah soal yang macet. Beberapa kali memencet pilihan untuk melanjutkan ke soal berikutnya, server sama sekali tidak merespons. ‘’Dua kali macet. Saya lalu lapor ke guru yang jaga dan di-log in ulang. Kalau di lab lain kurang tahu,’’ ujar Ratih.

Sementara itu, Kepala SMAN 1 Kendal Agus Supriyono mengklaim pelaksanaan UNBK di sekolahnya berjalan lancar. Adanya beberapa kendala kecil, kata dia, bisa ditangani. ‘’Secara umum, pelaksanaan UNBK hari ini (kemarin, Red) berjalan naik,’’ kata Agus kepada Radar Ngawi.

Klaim serupa dilontarkan ketua pelaksana UNBK SMAN 2 Ngawi Ahmad. Dia menyebut, ujian tidak ada kendala berarti hingga sesi kedua berakhir. ‘’Kalau di sini, tidak ada masalah seperti itu (log out mendadak, Red),’’ ungkap Waka Kurikulum SMAN 2 Ngawi tersebut.

Dia menduga kendala teknis seperti itu terkait server pusat. Bukan kondisi jaringan di sekolah. ‘’Beberapa persiapan sudah dilakukan jauh hari sebelumnya. Tahun ini sudah yang ke-4 kali UNBK. Semuanya sudah baik karena pengalaman tahun-tahun sebelumnya,’’ tutur Ahmad.

Data Cabang Dinas Pendidikan (Cabdindik) Jatim Wilayah Madiun, UNBK SMA di Ngawi tahun ini melibatkan 4.111 pelajar. Perinciannya, 1.623 peserta laki-laki dan 2.488 perempuan. Ribuan peserta UNBK itu berasal dari 39 sekolah, baik negeri maupun swasta.

UNBK SMA dijadwalkan berlangsung selama empat hari. Yakni, kemarin sampai Kamis (4/4) sesuai mata pelajaran (mapel) yang telah dijadwalkan. Sehari bisa tiga sesi, tergantung jumlah peserta ujian. (den/isd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here