Sedot Dana Rp 150 Juta untuk Ubah Tampilan Taman Pasar Baru Magetan

44
DIPOLES: Taman air mancur yang berada di area parkir timur Pasar Baru Magetan bakal direnovasi tahun ini.

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Pekerjaan rumah (PR) Disperkim Magetan kian menumpuk. Belum kelar pembangunan tiga taman baru yang bersumber dari APBD, mereka kembali dibebani untuk merenovasi taman Pasar Baru Magetan (PBM) pada Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) 2019.

Taman yang berada di area parkir timur pasar itu bakal dipercantik. Dengan penambahan lampu di sekitar taman air mancur tersebut. ‘’Akan kami benahi dan tata ulang,’’ kata Plt Kepala Disperkim Kabupaten Magetan Mujiono Senin (19/8).

Selain ditambah lampu penerangan, konsep penataan taman itu juga mencakup penambahan tempat duduk. Sejumlah fasilitas tersebut diadakan untuk menunjang mal pelayanan publik (MPP) yang bakal di-launching pada Oktober mendatang. ‘’Kondisi taman yang sekarang kan ala kadarnya. Makanya akan kami percantik,’’ ungkapnya.

Mujiono menyebut, perbaikan taman itu menyedot anggaran sekitar Rp 150 juta. Di samping dipakai untuk penambahan lampu penerangan dan bangku taman, anggaran tersebut digunakan untuk pembelian tanaman hias di jalur hijau Magetan. Mulai dari depan kantor DPMPTSP di Jalan Pahlawan sampai ke barat. ‘’Ada lahan di bawah pohon-pohon yang bisa kami tanami,’’ terangnya.

Dia menjelaskan, pengadaan tanaman hias bermedia tanam pot itu untuk mempercantik tampilan kota (green city). Sekaligus meminimalkan keberadaan pedagang kaki lima (PKL) di trotoar jalan. ‘’Untuk jalur hijau, tidak kami tambahi bangku. Hanya bunga-bunga,’’ jelasnya.

Sebelumnya, dua kegiatan itu telah diajukan Mujiono saat pembahasan perubahan APBD 2019. Dan, sudah mendapat persetujuan dari anggota DPRD. Karena anggarannya hanya sekitar Rp 150 juta, tentu proses perbaikan taman PBM itu tanpa melalui proses lelang.

Namun demikian, jika terdapat sisa lebih anggaran bakal dipakai untuk membeli bunga yang kemudian ditempatkan di alun-alun Magetan. Dengan mempercantik taman dan penanaman bunga tersebut, pemkab ingin melekatkan  julukan Magetan sebagai kota bunga. ‘’Akan kami upayakan bisa tambah bunga lagi,’’ kata Mujiono. (bel/c1/her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here