Madiun

Sebulan Temukan ODHA Baru

MADIUN, Jawa Pos Radar Caruban – Jumlah orang dengan HIV/AIDS (ODHA) terus bertambah. Teranyar, petugas dari Komisi Perlindungan AIDS Daerah (KPAD) Kabupaten Madiun menemukan lima penderita baru pada Oktober. Sementara, menurut catatan mereka, sebelumnya jumlah kasus HIV/AIDS sejak 2002 sampai September 2019 mencapai 773 kasus. ‘’Lima ODHA baru itu sudah kami lakukan pemeriksaan minggu lalu,’’ kata Sekretaris KPAD Kabupaten Madiun Agrim Kurnia Senin (21/10).

Kelima ODHA baru itu masing-masing berasal dari Kecamatan Mejayan, Dungus, dan Dolopo. ‘’Yang jelas, dari temuan penderita baru itu sebagian besar menderita HIV. Dengan persentase 60 persen HIV dan 40 persen AIDS,’’ terangnya.

Agrim tak menampik penanganan terhadap ODHA masih belum mencakup seluruhnya. Sebab, baru separo yang ditangani dari jumlah temuan secara nasional mencapai 1.400 kasus pada 2018 lalu. ‘’Sampai dengan saat ini ada sekitar 550 ODHA telah meninggal dunia. Sisanya yang masih hidup terus kami tangani dengan memberikan pengobatan secara berkala,’’ jelasnya.

Untuk menekan penyebaran kasus HIV/AIDS, Agrim telah menyerukan pemeriksaan terhadap ibu hamil berisiko. Terutama bagi mereka yang sebelumnya pernah bekerja di lokalisasi. ‘’Lalu, bagi mereka yang masih hidup, kami minta untuk proaktif melakukan pemeriksaan dan pengobatan secara rutin,’’ ujarnya. (mgc/c1/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close