Sebulan, Rencana Pembangunan Tugu APPN Tanpa Kabar

23

PACITAN – Apa kabar tugu Anugerah Parasamya Purnakarya Nugraha (APPN)? Sebulan berlalu, setelah Pemkab Pacitan melibatkan para seniman untuk urun rembug rencana pembangunannya, tak ada kabarnya lagi. Saat itu muncul desakan ciri khas Pacitan dituangkan dalam tugu yang rencanaya dipajang di Perempatan Penceng itu. ‘’Sampai saat ini kami masih menunggu konsepnya,’’ kata Kasi Tata Bangunan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Pacitan Tony Setyo Nugroho Minggu (12/5).

Menurut dia, konsep tersebut dijanjikan jadi pekan lalu. Tepatnya saat bertemu anggota Forum Seni Budaya Pacitan Sabtu (4/5). Namun hingga Jumat (10/5), pihaknya belum mendapat kabar. Tony pun berencana menanyakan kembali dalam waktu dekat. ‘’Senin ini (13/5), atau dalam pekan ini coba akan saya tanyakan lagi,’’ ujarnya.

Menurut dia, target konsep ornamen tugu APPN dari seniman tersebut jadi dalam pekan ini. Nantinya konsep tersebut bakal kembali digodok untuk mendapat pertimbangan teknis dari dinasnya. Harapannya dua pekan ke depan detail engineering design (DED)-nya final. ‘’Selanjutnya langsung kami ikutkan tender karena nilai proyek ini lebih dari Rp 200 juta,’’ imbuhnya.

Tony tidak tahu penyebab belum jadinya konsep dari para seniman. Dia tidak belum mendapat kabar. Menurut dia, lamanya konsep tersebut diperkirakan terjadi akibat banyak masukan dari anggota forum seniman. ‘’Sampai saat ini kami belum tahu. Apakah relief atau bagaimana. Apakah ketek ogleng, ibu kota prasejarah atau pace,’’ tambahnya.

Pelibatan seniman, kata dia, diupayakan tidak sekadar dalam urusan konsep. Mereka juga bakal dilibatkan dalam pelaksanaan proyek. Pasalnya pihaknya tidak ingin konsep tugu APPN meleset dari angan-angan lantaran tidak melibatkan pihak berkompeten. ‘’Jangan sampai ingin membuat harimau jadinya kucing,’’ tuturnya.

Irul, anggota Forum Seni Budaya Pacitan, mengungkap malam kemarin (12/5) pihaknya menggelar musyawarah. Bahasannya terkait rencana penambahan ornamen berciri khas Pacitan di tugu APPN tersebut. Kapan target konsep ornamen tugu selesai? ‘’Malam ini rencananya dikebut,’’ janjinya. (odi/sat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here