KriminalitasPacitan

Sebulan, Pria Ini Dua Kali Curi Motor

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Aksi panjang tangan Gunanto dalam sebulan terakhir terbongkar. Warga Desa Glinggangan, Pringkuku, Pacitan, itu meringkuk di balik jeruji besi. Empat unit sepeda motor hasil curian di dua tempat kejadian perkara (TKP) diamankan sebagai barang bukti (BB) oleh Satreskirm Polres Pacitan. ‘’Mencuri karena desakan ekonomi,’’ kata Gunanto saat pers rilis di mapolres Senin (28/10).

Gunanto mengaku penghasilannya sebagai pekerja proyek pelebaran Jalan Sedeng–Ngadirejan masih kurang. Upah yang diterimanya 15 hari sekali tidak cukup untuk mencukupi kebutuhannya. Hingga akhirnya dia mencuri Honda Beat nopol AE 3402 YX milik Sumarno, warga Desa Sedeng, Pacitan. Motor matik milik teman kerjanya itu digasak Jumat lalu (25/10). ‘’Bukan mencuri, tapi mau saya gadaikan,’’ dalihnya.

Niatan mencuri tersangka muncul kala mengetahui motor Sumarno yang terparkir di halaman salah seorang rumah warga itu kuncinya masih menancap. Ketika raib, warga langsung mencurigai Gunanto sebagai pelakunya. Sebab, sebelum diketahui hilang, pelaku diketahui mondar-mandir di sekitar motor itu. Nah, Gunanto berniat mengembalikan motor karena merasa aksinya ketahuan pada Sabtu malam (26/10).

Sialnya, ketika hendak melakukan aksi cuci tangan itu, ada warga yang memergoki. Seketika dia melarikan diri menuju hutan. Warga melaporkan kejadian itu ke mapolres. Hingga akhirnya berhasil diamankan malam itu juga. ‘’Setelah tersangka diperiksa, ternyata ada satu TKP lainnya,’’ ungkap Kasat Resrkim Polres Pacitan AKP Imam Buchori.

Imam membeberkan, selain milik Sumarno, tersangka mencuri Honda Supra Fit nopol AE 6997 XD di Desa Sumberharjo, Pacitan, 5 Oktober lalu. Bedanya, Gunanto merusak lubang kunci motor. Kendaraan curian itu lantas ditukar dengan motor Tossa. ‘’Kami amankan empat unit motor. Dua hasil curian, satu motor yang ditukar, dan satunya motor tersangka (Yamaha Vega R nopol AE 4092 XA) untuk melancarkan kejahatannya,’’ ujarnya seraya menyebut Gunanto dijerat pasal 362 dan 363 KUHP dengan total ancaman pidana 12 tahun penjara. (den/c1/cor)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close