Sebulan, 14 Nyawa Melayang di Jalan

86

PONOROGO – Angka kecelakaan di wilayah hukum Polres Ponorogo relatif masih tinggi. Berdasar catatan unit laka lantas, sedikitnya ada 70 kasus kecelakaan hanya selama Januari 2019. Kecelakaan itu mengakibatkan 14 orang meninggal dan 109 orang luka-luka. ‘’Selain itu, 18 kejadian laka lantas di antaranya melibatkan pengendara di bawah umur,’’ kata Kasatlantas Polres Ponorogo AKP Bambang Prakoso kemarin (5/2).

Jika dibandingkan dengan Desember 2018, jumlah korban tewas akibat laka lantas itu naik sekitar 27,27 persen. Saat itu, korban meninggal di jalan karena kecelakaan berjumlah 11 jiwa.

Bambang berencana mengevaluasi titik black spot di sejumlah ruas untuk menekan angka laka lantas. Salah satunya, ruas Ponorogo-Wonogiri. Karena sudah banyak korban jiwa berjatuhan di jalan nasional tersebut akibat kecelakaan. ‘’Di beberapa titik seperti di Badegan (Jalan Raya Ponorogo-Wonogiri) misalnya, memang kurang penerangan. Tapi lebih banyak kejadian lakalantas yang disebabkan oleh etika berkendara,’’ kata dia.

Di sisi lain, pihaknya terus berupaya menekan angka laka lantas dengan rutin menggelar sosialisasi di sekolah-sekolah. Begitu juga menerapkan sanksi tilang sebagai bentuk langkah penindakan bagi pelanggar lalu lintas. ‘’Kami prioritaskan sosialisasi etika berkendara ini ke pelajar di sekolah-sekolah. Etika berkendara yang baik harus terbentuk sejak dini,’’ ujar Bambang. (naz/her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here