Sebulan, 10-15 Pasien DBD Masuk RSUD Sayidiman

195

MAGETAN – Penanganan pasien demam berdarah dengue (DBD) di RSUD dr Sayidiman melonjak sejak Desember lalu. Bahkan terus bertambah hingga awal tahun ini. Setiap hari banyak pasien yang keluar-masuk. ’’Kalau dihitung-hitung sebulan bisa mencapai sekitar 10-15 pasien yang dirawat di ruangan rawat inap,’’ kata Direktur RSUD dr Sayidiman Magetan dr Yunus Mahatma SpPD.

Peningkatan pasien DBD itu lantaran mereka harus menjalani perawatan intensif. Lama waktunya dua sampai tiga hari. Kebanyakan yang datang dalam kondisi panas tinggi. Namun, kondisi semakin stabil setelah ditangani dokter. Dalam penanganan penyakit ini, Mahatma juga meminta tim dokter terus memantau perkembangan pasien. Seperti cek darah setiap 12 jam sekali untuk mengetahui kondisi trombosit. ’’Hasil cek lab itu jadi acuan dalam penanganan lebih lanjut,’’ ujarnya.

Mahatma juga menyesalkan adanya puskesmas yang merujuk pasien dalam kondisi sudah drop. Seharusnya, itu tidak dilakukan. Jika diperlukan rujuk, secepatnya dilakukan. ’’Kurangnya alat cek lab yang sesuai SOP bisa menghambat kinerja puskesmas tersebut,’’ ungkapnya.

Mahatma juga mengimbau dinas kesehatan untuk gencar melakukan sosialisasi. Khususnya, bagaimana menghambat perkembangbiakan nyamuk aedes aegypti. ’’Harapannya jumlah pasien DBD menurun, dan warga merasakan hidup sehat dengan kondisi lingkungan yang bersih,’’ ucapnya. (mgc/c1/ota)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here