Pacitan

SBY Bangun Museum Kepresidenan di JLS

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Selain pantai dan gua, di Pacitan bakal ada destinasi wisata baru. Yakni, museum kepresidenan yang digagas Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), presiden ke-6 RI, di kampung halamannya. ‘’Untuk pembangunan fisiknya, diharapkan bisa dimulai tahun ini,’’ kata Ketua DPRD Pacitan Indrata Nur Bayu Aji yang juga kerabat SBY, pekan lalu.

Angan-angan membangun museum kepresidenan sudah diimpikan SBY sejak lama. Itu berkaca pada sejumlah negara lain di Amerika dan Eropa. Harapannya, museum tersebut bisa jadi sarana pendidikan generasi muda. Khususnya, pelajar dan pegiat sejarah. ‘’Juga untuk memotivasi teman-teman generasi muda agar punya cita-cita dan harapan yang tinggi,’’ imbuh Aji.

Apakah sejumlah perabotan dan memorabilia yang kini tersimpan di Rumah Kediaman SBY akan diboyong ke museum tersebut? Pria pehobi surfing itu belum memberi jawaban. Alasannya, tidak ingin melangkahi SBY. ‘’Untuk isi museum, beliau (SBY) yang lebih tepat menjelaskannya. Biar jadi surprise,’’ ujarnya.

Menurut dia, pembangunan museum bakal dirogoh dari kocek pribadi SBY. Pasalnya, memang museum pribadi. Hanya, Aji tidak tahu-menahu besarannya. Nominal anggaran masih dinamis. Sebab, desain museum belum ditentukan secara spesifik. ‘’Sehingga, besaran anggaran akan mengikuti,’’ tambahnya.

Saat ini, rencana pembangunan museum masih dalam tahap awal. Lahannya sudah disiapkan. Lokasinya di kawasan Jalur Lingkar Selatan (JLS) yang dinilai strategis. Dekat kota dan jalan nasional. ‘’Saat ini masih proses pengurukan,’’ bebernya.

Sebagai warga Pacitan, Aji bersyukur SBY memilih membangun museum di bumi kelahirannya. Bukan di ibu kota Jakarta atau kota besar lainnya. Sehingga, destinasi wisata di Pacitan bakal bertambah. Pacitan dipilih, salah satunya lantaran SBY berangan membesarkan Kota 1.001 Gua. ‘’Kami bersyukur, sejauh ini sudah dipikirkan untuk pengembangan Pacitan,’’ ucapnya. (odi/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close