Satu Madrasah Molor Sinkronisasi UNBK

12

NGAWI – Sejumlah kendala mewarnai persiapan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) SMP sederajat. Di antaranya, proses sinkronisasi sejumlah sekolah yang molor. Salah satu MTs baru melakukan sinkronisasi pada Sabtu malam (20/4). Padahal, sebelumnya dijadwalkan Jumat (19/4).

Koordinator Help Desk Kemenag Ngawi Tarno mengatakan, UNBK jenjang SMP/MTs digelar mulai hari ini. Sebelumnya pihak sekolah harus melakukan sinkronisasi agar proses pengunduhan materi soal tidak terganggu masalah jaringan.

‘’Sabtu malam (20/4) saya cek ada satu MTs belum melakukan sinkronisasi. Kurang jelas apa alasannya. Setelah kami opyak-opyak akhirnya dilakukan,’’ tutur Tarno.

Dia menyebut, MTs yang terlambat sinkronisasi itu baru melaksanakan UNBK mandiri tahun ini. Pun, dia berharap saat pelaksanaan ujian tidak ada kendala teknis maupun permasalahan lain. ‘’Dalam pelaksanaannya nanti ada help desk yang disiapkan untuk membantu kalau ditemukan kendala,’’ ujarnya.

Terpisah, Kabid Pembinaan SMP Dindik Ngawi Muh. Luluk Sodiki mengungkapkan bahwa seluruh sekolah sudah melakukan sinkronisasi. Soal ujian telah terunduh 100 persen. ‘’Sinkronisasi sudah beres. Keterlambatan tidak akan memengaruhi pelaksanaan ujian nanti, tapi tetap akan menjadi evaluasi bagi kami,’’ kata Luluk.

UNBBK SMP/MTs tahun ini diikuti sebanyak 11.237 pelajar. Saking banyaknya peserta dan lokasinya yang tersebar, help desk UNBK sengaja dibagi menjadi empat wilayah. Yakni, timur, tengah, barat, dan selatan. Jika terdapat permasalahan, help desk di masing-masing wilayah akan segera ambil tindakan. ‘’Kami juga menggandeng help desk SMA. Selain sudah berpengalaman, beberapa sekolah yang belum bisa mandiri masih menumpang ke SMA atau SMK,’’ bebernya.

Sebanyak 108 satuan pendidikan, lanjut dia, melaksanakan UNBK tahun ini. Ada yang mandiri, ada juga yang masih menumpang ke sekolah lain. Ketersediaan komputer menjadi ganjalan bagi sekolah yang belum bisa menggelar UNBK mandiri. (den/isd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here