Satu Jalur Jadi Dua Arah: Berlaku di Jalan Semeru, Bangka, dan Sumatra

55
TIDAK TERTIB: Seorang pengendara kedapatan tengah melanggar arus di Jalan Semeru.

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Pelanggaran arus lalu lintas kerap terjadi di Jalan Semeru. Banyak pengendara yang nekat berbelok ke barat di sekitar pertigaan tersebut. Padahal, di sana sudah terdapat tanda larangan.

Pantauan wartawan koran ini, pelanggaran sering terjadi saat pagi dan sore. Utamanya ketika warga berangkat-pulang dari bekerja dan sekolah. Selain di Jalan Semeru, pelanggaran serupa juga ditemui dari arah Jalan Pandan. Kendaraan dari arah selatan kedapatan seenaknya belok ke kiri.

Padahal, di pertigaan jalan itu sudah jelas terpasang rambu larangan belok ke kiri. ‘’Jalan Semeru akan kami berlakukan dua arah. Jadi, tidak akan ada lagi pelanggaran nantinya,’’ kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Magetan Joko Trihono Kamis (15/8).

Sebenarnya, warga bisa lewat Jalan Bromo dan Jalan Agung Suprapto sebagai alternatif. Namun, kenyataannya, ketentuan itu tidak pernah diikuti. Masyarakat lebih memilih menerobos lawan arah ke Jalan Semeru. Sekalipun jalan itu menerapkan sistem satu arah.

Karena itu, dengan diubahnya Jalan Semeru menjadi dua arah, tentu dapat mengakomodasi perilaku warga yang sering melanggar. Di sisi lain, ruas Jalan Jaksa Agung Suprapto dan Jalan Kartini, persisnya depan SMKN 1 Magetan, masih cukup lebar. ‘’Jika diterapkan pada Jalan Semeru, artinya masih sangat memungkinkan,’’ terangnya.

Penerapan sistem dua arah juga akan berlaku di Jalan Bangka. Selama ini, jalan kabupaten itu hanya berlaku satu arah. Perubahan menjadi dua arah itu untuk mengurangi kepadatan kendaraan di Jalan Yos Sudarso. ‘’Supaya terjadi persebaran arus kendaraan,’’ ujar Joko.

Perubahan sistem dua arah juga berlaku di Jalan Sumatra. Ruas jalan yang masuk dalam Kelurahan Kepolorejo itu sebelumnya berlaku searah. ‘’Ini juga untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di sekitar jalan. Pasti akan berdampak ketika dari satu jalur menjadi dua jalur,’’ ungkap Joko. (bel/c1/her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here