Satreskrim Polres Madiun Ringkus 2 Residivis, Satu Melarikan Diri

67

MADIUN, Jawa Pos Radar Caruban – Satuan Reserse dan Kriminal (Satreskrim) Polres Madiun meringkus dua terduga pelaku pencurian dengan pemberatan (curat) di wilayah hukum Madiun. Sedangkan seorang lainnya kabur saat hendak ditangkap.

Keduanya adalah Maryono, 36, warga Desa Kaliabu, Mejayan, Madiun; dan Zainur, 22, warga Purwosari, Pasuruan. Sedangkan Budiono, warga Prigen, Pasuruan, melarikan diri. ‘’Saat ini masuk DPO (daftar pencarian orang, Red),’’ kata Kapolres Madiun AKBP Ruruh Wicaksono Senin (5/8).

Ruruh menyatakan, ketiga pelaku merupakan residivis dengan kasus yang sama. Ketiganya saling kenal ketika menjalani hukuman di Lapas Mojokerto sebelumnya. Bermodal pengalaman, mereka beraksi di Madiun. ‘’Rabu (19/6) pelaku beraksi mencuri satu unit sepeda motor Honda CBR,’’ ujarnya.

Mereka menyewa mobil Honda Mobilio untuk operasionalnya mencari mangsa. Pelaku fokus pada kendaraan yang tidak terkunci. Hanya beberapa jam, pelaku berhasil mengembat empat kendaraan. Salah satunya roda empat. ‘’Penyidikan dan koordinasi dengan polres jajaran untuk membantu pencarian pelaku buron akan kami lakukan,’’ jelas Ruruh.

Satu unit sepeda motor yang dibeli dari hasil mencuri, satu unit handphone Nokia, dan satu unit mobil operasional aksi mereka, diamankan sebagai barang bukti. Para pelaku dijerat pasal 363 tentang Tindak Pidana Pencurian dengan Pemberatan. ‘’Ancaman hukuman maksimal lima tahun penjara,’’ sebutnya.

Maryono, salah seorang pelaku, mengaku sebagai eksekutor. Pria pengangguran itu mendapat upah dari Budiono Rp 19 juta. Sebelum beraksi, ketiganya menyurvei lebih dulu area yang akan dituju. ‘’Hasilnya saya belikan sepeda motor dan sisanya buat foya-foya,’’ akunya. (mgc/c1/sat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here