Satpol PP Tertibkan Parkir Motor di Pedestrian

208

MAGETAN – Pejalan kaki di Magetan bakal kembali mendapatkan haknya. Tanda-tanda itu tampak dari upaya Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Magetan menertibkan parkir liar yang selama ini menguasai pedestrian.

Razia sempat menyasar sepanjang Jalan Panglima Sudirman Selasa (14/5). Sejumlah kendaraan sepeda motor yang sengaja diparkir oleh pemiliknya di trotoar diminta untuk dipindahkan. Petugas penegak perda itu juga menegur juru parkir (jukir) yang dengan sengaja menerapkan titik parkir di atas trotoar.

Kasi Opsdal Satpol PP Magetan Khamim Basori mengatakan, penertiban itu bagian dari pengembalian fungsi utama trotoar sebagaimana semestinya. Karena adanya kendaraan roda dua yang biasa terparkir di trotoar di Jalan Panglima Sudirman tersebut mempersempit ruang gerak pejalan kaki. ‘’Pemkab sudah memberikan tempat parkir di area Pasar Baru Magetan, tetapi masih banyak yang menggunakan trotoar,’’ terangnya kepada Jawa Pos Radar Magetan.

Parahnya lagi, kata Khamim, dari hasil penertiban itu pihaknya mendapati jukir yang menerapkan retribusi parkir tanpa disertai karcis. Kondisi tersebut tentu menyalahi aturan. Terkait temuan itu pihaknya sudah berkoordinasi dengan dinas perhubungan (dishub). ‘’Yang jelas, jika masih melanggar tentu ada sanksi. Sanksinya bisa berupa administrasi sampai dengan denda sesuai pelanggaran,’’ terangnya.

Bukannya acuh dengan nasib rakyat, Khamin menyebut rencana itu bagian dari program pemkab mengembalikan hak pejalan kaki atas trotoar, namun tanpa memutus tali rezeki pemilik toko. Untuk itu, dia menyarankan pemilik toko sedianya menyediakan lokasi parkir yang representatif. ‘’Penertiban semacam ini bakal rutin kami lakukan,’’ katanya. (mgc/her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here