Satpol PP Magetan Panggil Pemilik Bangunan Ruko

114

MAGETAN – Rencana penertiban bangunan liar di Maospati terus bergulir. Kemarin (31/1) pihak Satpol PP Magetan memanggil salah satu pemilik bangunan berupa rumah dan toko (ruko) yang berdiri tanpa adanya izin mendirikan bangunan (IMB) tersebut.

Pemanggilan itu sekaligus menindaklanjuti hasil pemantauan di lokasi sehari sebelumnya. ‘’Kami ingin mendengar keterangan lebih lanjut dari pemilik ruko atas dasar pendirian bangunan tersebut,’’ kata Kabid Penegak Perda Satpol PP Magetan Rachmad Soewastono.

Dalam pemanggilan itu pihaknya mendapati bangunan berdiri tanpa dilengkapi IMB. Kondisi itu dianggap menyalahi aturan. Sehingga, patut ditindaklanjuti dengan tindakan penyegelan sementara. ‘’(Penyegelan bisa dilakukan) sampai izinnya dilengkapi,’’ ujarnya.

Rachmad mengaku ada yang janggal pada pendirian bangunan yang berada di dekat jembatan Maospati itu. Seperti dikeluarkannya izin pembangunan ruko oleh dinas pasar pada 2004 silam. Hanya, bangunan yang dipakai sebagai usaha perdagangan bagi warga dengan sistem sewa itu diketahui pendiriannya tidak dilengkapi IMB. ‘’Dinas pasar sempat mengeluarkan izin (pembangunan) pada 2004. Tapi, IMB-nya tidak ada,’’ ungkapnya.

Di pihak lain, para pemilik bangunan ruko berkelit bahwa apa yang telah mereka lakukan sudah sesuai ketentuan. Itu dibuktikan dengan kepemilikan surat bukti tempat berjualan (SBTB) yang diterbitkan dinas pasar. ‘’Jadi, kami punya hak untuk menempati bangunan itu,’’ kata Charis Ihsan, salah seorang pemilik ruko.

Dia mengaku SBTB juga dimiliki oleh delapan pemilik ruko lainnya. Mereka menyatakan surat itu menjadi bukti konkret sebagai pemanfaatan ruko untuk tempat usaha. Tapi, Charis mengaku tidak tahu-menahu soal kepemilikan tanah yang di atasnya berdiri belasan ruko tersebut. ‘’Saya kira, apa yang kami lakukan telah benar. Tapi, kami juga memohon kepada pemkab untuk sedianya memberikan kejelasan kepada kita terkait kepemilikan tanah. Supaya kami bisa mengurus IMB,’’ terangnya. (mgc/c1/her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here