Magetan

Satpol PP dan Damkar Magetan Bagi Tugas Amankan Pilkades

MAGETAN, Radar Magetan – Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak 2019 Magetan membuat satpol PP dan damkar setempat ikut sibuk. Korps penegak perda membantu pihak kepolisian mengamankan sejumlah tahapan pesta demokrasi enam tahunan itu. ‘’Sebagai koordinator pengamanan dan mem-backup kalau terjadi kerusuhan,’’ kata Kasatpol PP dan Damkar Magetan Chanif Tri Wahyudi.

Chanif menyebut, pasukan yang disiapkan tiga peleton atau 90 personel.Mereka mengamankan masa kampanye selama tiga hari yang dimulai Selasa (19/11).Proteksi ketat dilakukan karena pilkades tergolong rawan.Antara kawan dan kawan saling berhadapan.Pemicu sekecil apapun berpotensi memunculkan gesekan antar pendukung.‘’Penyebabnya karena beda pilihan,’’ ujarnya.

Pengamanan satpol PP bersifat terbuka dan tertutup. Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) diterjunkan memantau sejumlah desa dengan tingkat kerawanan tinggi.Hasil pemetaan, desa penuh atensi itu di Kecamatan Kartoharjo, Karas, dan Plaosan.‘’Tapi, tanpa mengesampingkan desa-desa lainnya,’’ ucap Chanif seraya menyebut anak buahnya bakal selalu berkoordinasi dengan panitia pilkades dan muspika.

Dia menambahkan, proteksi telah dilakukan sejak penetapan daftar pemilih tetap (DPT) dan penetapan calon kepala desa (cakades). Terjun ke daerah rawan. Salah satunya di Desa Bayem Wetan dan Karangmojo, Kartoharjo.  ‘’Daerah itu sempat terjadi konflik akibat pengguguran bakal cakades,’’ ujarnya.

Kendati all out pilkades, Chanif tidak melupakan pelayanan masyarakat. Satu peleton personel disiagakan di mako. Menjalankan kegiatan rutin, seperti pengamanan tempat fasilitas umum, penertiban banner, dan penanganan kebakaran. ‘’Pelayanan masyarakat tidak dilupakan,’’ tandasnya. (bel/cor)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
               
         
close