Ngawi

Sarjono Ketiban Sampur

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Sementara itu, Sarjono resmi ditunjuk untuk menjalankan tugas ketua DPRD Ngawi yang ditinggalkan Dwi Rianto ’’Antok’’ Jatmiko. Penunjukan itu dilakukan dalam rapat paripurna usulan pemberhentian ketua DPRD Rabu (2/9). ‘’Istilahnya bukan pelaksana tugas atau penjabat, tapi tetap sebagai wakil ketua yang ditunjuk untuk melaksanakan tugas ketua DPRD sampai definitifnya terbentuk,’’ terang Sarjono.

Dia menjelaskan, sesuai tata tertib (tatib) DPRD Ngawi pasal 36 ayat 4, jika ketua DPRD mundur atau berhenti, semua tugasnya akan dilaksanakan wakil ketua yang ditunjuk. Berdasarkan kesepakatan para pimpinan dewan kemarin, Sarjono yang ketiban sampur menjalankan amanah tersebut.

‘’Yang paling berat itu menjaga kondusivitas dan sinergitas antara legislatif dengan eksekutif,’’ ujarnya. Menurutnya, selama tiga periode anggota dewan terakhir hubungan antara DPRD dengan pemerintah daerah terjalin dengan baik.

Sarjono menyebut, menjaga kondusivitas di internal lembaga legislatif bukan perkara mudah. Pasalnya, para anggota memiliki latar belakang partai politik berbeda. Pun, mempunyai keinginan berbeda dalam menyalurkan aspirasi dari konstituen masing-masing. ‘’Tapi, dengan bekal pengalaman selama ini, kami yakin bisa melaksanakannya dengan baik,’’ ucapnya.

Agenda terdekat yang harus ditangani Sarjono adalah penggantian antarwaktu (PAW). Pihaknya bakal menunggu usulan dari PDIP terkait nama anggota baru pengganti Antok maupun pengisi posisi ketua DPRD Ngawi. ‘’Selain soal PAW, ada beberapa agenda rutin yang juga perlu diselesaikan,’’ imbuhnya.

Jika benar PDIP memproses PAW itu setelah pilkada, berarti Sarjono bakal menjalankan tugas ketua hingga akhir tahun. ‘’Ada beberapa ranperda (rancangan peraturan daerah, Red) yang perlu secepatnya dibahas dan ditetapkan. Kami juga akan segera membahas rancangan APBD Ngawi 2021, agar bisa selesai tepat waktu,’’ tuturnya. (tif/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close