Sandiaga Uno Janjikan Pertumbuhan Ekonomi Nasional

33

MAGETAN – Berbagai persoalan ekonomi bangsa diangkat oleh cawapres nomor urut 02 Sandiaga Salahuddin Uno saat berkampanye di Magetan kemarin (8/4). Misalnya, lapangan pekerjaan yang terbatas dan harga kebutuhan pokok yang terus melonjak.

Untuk mengurai permasalahan tersebut, cawapres pasangan Prabowo Subianto itu menjanjikan pembukaan 15 juta lapangan pekerjaan. Terutama di sektor UMKM dengan menerapkan program OK OCE dan rumah siap kerja bagi anak muda yang menganggur. ‘’Rumah siap kerja itu bakal memberi jalan bagi masyarakat untuk mendapatkan pelatihan, beasiswa, serta magang,’’ kata Sandi kepada ribuan pendukungnya yang hadir di GOR Ki Mageti.

Dia mengungkapkan sudah mempunyai beberapa rencana dan target program jika menang pada pemilu 2019. Seperti dalam dua tahun pertama, berupaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi mencapai 6–6,6 persen. Sementara, saat ini capaian pertumbuhan ekonomi nasional hanya 5,2 persen. ‘’Kita sering dengar angka yang diulang-ulang pejabat seakan-akan ekonomi baik-baik saja. Kita terjebak pada angka 5 persen yang jauh dari potensi dan target yang dimiliki,’’ papar mantan wakil gubernur DKI Jakarta itu.

Untuk mencapai target tersebut, kata Sandi, ada dua pilar utama yang akan di-push. Yaitu revitalisasi pada sektor industri pertanian dan lahan rusak. Khusus untuk industri pertanian, ada dua hal yang ditopang. Di antaranya, membuka empat juta lapangan kerja dan mengurangi impor pangan. ‘’Sehingga, harga bahan baku menjadi murah dan stabil,’’ ujarnya.

Sedangkan yang dimaksud revitalisasi lahan rusak, kata Sandi, adalah pembaharuan lahan untuk energi dan tenaga terbarukan. Serta pemanfaatan lahan untuk sektor pangan. ‘’Ternyata ekonomi kita belum sejahtera. Ekonomi harus bangkit. Saat ini badan sehat, tapi dompet belum,’’ katanya. (bel/her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here