Sambung Rel Ganda Babadan-Madiun

178

MADIUN– Pembangunan rel ganda (double track) kereta api di wilayah Madiun terus dilakukan. Sampai sekarang pemasangan wesel (konstruksi rel bercabang) belum lengkap. Termasuk di sejumlah perlintasan pintu kereta api. ’’(Pemasangan, Red) baru dilakukan di pintu perlintasan Sukosari,’’ kata Bagian Pengawas dari Balai Teknik Perkeretaapian Jawa Bagian Timur Sudarto kemarin (26/3).

Darto menyebut, setidaknya butuh dua wesel di Kota Madiun. Nantinya bakal dipasang di pintu perlintasan kereta api Winongo dan Stasiun Madiun. ’’Tapi nanti itu belakangan,’’ ujarnya.

Sementara itu, Manajer Humas PT KAI Daop VII Madiun Ixfan Hendri Wintoko mengatakan, pihak satuan kerja (satker) sebelumnya telah mengajukan izin kerja untuk pembongkaran jalur perlintasan 136 yang letaknya di Kelurahan Sukosari. Izin itu berkaitan dengan pembangunan jalur ganda yang saat ini sedang dilakukan antara Babadan-Kota Madiun. ’’Kami dari KAI hanya bisa memberikan support. Karena memang pekerjaan bukan ada pada kami,’’ katanya kepada Jawa Pos Radar Madiun.

Kendati demikian, pihak satker harus memenuhi segala persyaratan tentang realisasi pembangunan jalur ganda di pintu perlintasan lainnya di Kota Madiun. Seperti mengajukan izin ke dinas perhubungan (dishub), Satlantas Polres Madiun Kota, dan warga setempat. ’’Karena jalannya akan dilakukan penutupan sementara,’’ ujarnya.

Ixfan menyatakan proses pemasangan rel ganda di pintu perlintasan kereta api itu berlangsung pada Senin malam (25/3). Dengan hanya memakan waktu sekitar satu jam. ‘’Walaupun kami tidak ikut bekerja di pemasangan rel ganda itu, kami minta maaf telah mengganggu kenyamanan pengguna jalan dan warga setempat. Karena memang pekerjaan itu dilakukan di jalur existing,’’ ucap Ixfan.

Lebih lanjut, Ixfan berharap sebelum pertengahan tahun 2019, rel ganda mulai dari Walikukun–Madiun bisa tersambung. Karena Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menargetkan operasional double track harus sudah bisa terealisasi pada tahun ini. ’’Jadi, semua titik-titik baru yang belum tersambung, harus disambungkan,’’ pungkasnya. (dil/her/c1/ota)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here