Salah Pilih Teman, Anak di Bawah Umur Diajak Hohohihe

10785

PONOROGO – Ric, pemuda 24 tahun, harus mendekam di balik jeruji penjara. Akibat ulahnya menyetubuhi anak di bawah umur. Pelaku asal Desa Kesugihan, Kecamatan Pulung, itu memacari Melati (nama samaran) yang baru berusia 13 tahun. Terhitung sudah dua kali pelaku melancarkan aksi bejatnya kepada Melati. ’’Pelaku memaksa hingga korban tak berdaya,’’ kata Kapolres Ponorogo AKBP Radiant.

Radiant menerangkan, di aksi keduanya, pelaku sampai mengajak korban bermalam di sebuah penginapan, Sabtu (22/12). Semula, korban menyangka pelaku sekadar mengajaknya berwisata ke Telaga Ngebel. Di aksi keduanya itu, Melati sempat menolak. Tetapi, pelaku terus membujuk demi melancarkan hasratnya. ‘’Dibawa ke salah satu penginapan,’’ ujarnya.

Takut dan tidak berdaya, korban akhirnya pasrah. Sampai keduanya terlelap hingga keesokan harinya. ‘’Keluarga korban saat itu bingung karena anaknya tidak kunjung pulang,’’ sambung Radiant.

Setelah mencari ke mana-mana tidak ketemu, keluarga akhirnya melaporkan peristiwa itu ke kepolisian. Kekhawatiran orang tua korban semakin memuncak lantaran sampai pukul 14.00 keesokan harinya, korban tak kunjung pulang. Tiga jam setelah mendapat laporan, petugas berhasil menemukan korban bersama pelaku di Telaga Ngebel. ‘’Pelaku langsung kami tangkap. Korban kami pulangkan setelah dimintai keterangan,’’ tuturnya.

Dari keterangan pelaku, keduanya saling mengenal dari Facebook. Setelah intens berkenalan, pelaku mengajak korban ketemuan. Dari situlah keduanya saling mengenal. Perkenalan sejak enam bulan lalu semakin ke sini semakin intens. Kini, pelaku disangkakan pasal 81 ayat 2 UU 35/2014 tentang Perlindungan Anak. Terancam penjara sesingkatnya lima tahun dan selambatnya 15 tahun. ‘’Kami imbau setiap orang tua agar lebih meningkatkan pengawasan anak. Kenali siapa temannya. Jangan sampai berteman dengan orang yang membawa pengaruh buruk. Jangan sampai anak-anak lebih dekat dengan orang lain ketimbang dengan orang tuanya sendiri,’’ pesannya. (mg7/c1/fin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here