Saban Ramadan, Remaja IPNU Cermo Rutin Santuni Anak Yatim-Piatu

64

Momen Ramadan tak ingin disia-siakan para remaja Desa Cermo, Kare, Kabupaten Madiun. Mereka melakukan aksi kegiatan amal dengan menyantungi anak yatim-piatu di desa setempat.

————–

FATIHAH IBNU FIQRI, Kare

SUARA anak-anak terdengar riuh di masjid. Awalnya mereka datang untuk bermain. Aktivitas menyenangkan mereka berakhir setelah azan Ashar berkumandang. Pun, mereka semua lantas mengambil wudu dan mulai berjajar di saf.  Selanjutnya salat berjamaah.

Usai salat, mereka semua lantas duduk bersila dan melingkar. Para remaja yang ikut salat berjamaah kemudian mengajak anak-anak itu bersalawat. Lantunan merdu pujian untuk Sang Rasul itu seakan tak henti-hentinya dipanjatkan. Hingga menjelang waktu berbuka puasa. Setelah, itu mereka melaksanakan buka bersama.

Rupanya mereka bukan anak-anak biasa. Semua merupakan anak yatim-piatu asal Desa Cermo , Kecamatan Kare, Madiun. Anak-anak itu sengaja dikumpulkan. Selanjutnya, mendapat santunan dari para remaja yang tergabung di Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) ranting Desa Cermo. ’’Sebulan kami galang dana untuk acara ini,’’ ujar Diki Adhi Saputro, ketua IPNU Ranting Desa Cermo.

Kegiatan itu untuk mensyukuri nikmat. Sebab, masih banyak anak-anak yang hidup dalam keterbatasan. Salah satunya dengan tidak memiliki orang tua lengkap. ’’Ini rutin, ke depan kami berharap bisa santuni kaum duafa,’’ ujarnya.

Hal itu memang sebagai pembelajaran bagi remaja yang tergabung dalam IPNU. Agar mereka senantiasa mau bersyukur dan tidak segan berbagi. Setidaknya ada 50 anggota yang ada di Desa Cermo. Pun, dia mengakui belum semua anggota terbilang aktif. ’’jadi harus banyak kegiatan yang diadakan supaya mereka juga mau berkontribusi,’’ pungkasnya. *****(ota)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here