Rutinitas Minggu yang Tinggal Kenangan

30

RadarMadiun.co.id – Film kartun legendaris lenyap dari layar kaca TV swasta. Dirindukan oleh berbagai generasi penontonnya. Tidak bisa diulang generasi sekarang.

……….

MENONTON TV hampir tidak pernah dilakukan Saiful Nur Bahar setiap Minggu pagi. Remaja 16 tahun itu pilih bermain dengan smartphone ketimbang memindah-mindah saluran stasiun TV swasta. Aktivitas tersebut berlangsung sepanjang hari ketika libur sekolah. ‘’Saya main game smartphone di kamar,’’ katanya.

Rutinitas Saiful bertolak belakang dengan generasi anak dan remaja yang tumbuh besar di periode 1980, 1990, dan awal 2000. Sejak mata terbuka di pagi hari hingga matahari sedang terik-teriknya, mereka tidak lepas menatap layar kaca. Menyaksikan berbagai acara kartun yang diputar berantai oleh banyak stasiun TV. Tentu tidak asing mendengar Klub Disney Indonesia. Acara yang dipresenteri Citra Kharisma itu memutar kartun ikonik semacam Donald Duck dan Popeye. Di luar itu, ada Doraemon dan Dragon Ball yang disebut-sebut sebagai kartun sepanjang masa oleh generasi 90-an. ‘’Saya pernah lihatnya di YouTube, kalau TV nggak pernah tahu,’’ ujarnya.

Kartun legendaris yang hilang bak di telan bumi itu membuat banyak penontonnya menjadi kangen. Fiqrul Abdulrouf, salah satunya. Pemuda kelahiran 1989 ini mengenang aktivitasnya mulai pagi hingga siang yang non-stop nonton kartun saat libur sekolah. Terkadang nobar (nonton bareng) di rumah teman-temannya. ‘’Jadi film A di saluran A, kalau jeda iklan ganti film B di saluran B,’’ katanya sembari menceritakan detail salah satu adegan kartun Crayon Shin-chan yang tersimpan dalam memorinya.

Fiqrul menyayangkan film kartun yang sudah tidak lagi menjadi tayangan wajib setiap Minggu. Tergantikan sinetron dan acara musik mainstream atau tontonan lainnya. Hanya kalangan tertentu yang bisa menyaksikan kartun legendaris itu lewat layanan TV kabel atau YouTube. Meski ada fasilitas tersebut, tidak sepenuhnya bisa menggantikan keseruannya. Ya, seandainya waktu bisa diulang menggunakan mesin waktunya Doraemon. (nur wachid/cor)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here