Madiun

Rusunawa II Sudah di Depan Mata

Disperkim Kantongi List Calon Penghuni

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Pemkot Madiun kembali mendapat bantuan rumah susun sederhana sewa (rusunawa) tahap II dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen-PUPR). ‘’100 persen. Untuk kapannya mulai dibangun, belum ada informasi,’’ kata Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman (Disperkim) Ponorogo Soeko Dwi Handiarto.

Dia memastikan bahwa seluruh persyaratan telah dipenuhi. Seperti lahan minimal 35×80 meter, analisis mengenai dampak lingkungan dan lalu lintas (amdal-lalin), serta upaya pengelolaan lingkungan hidup (UKL) dan upaya pemantauan lingkungan hidup (UPL). ‘’Nanti dari APBN kami terima jadi,’’ ujarnya.

Soeko menuturkan, seluruh pembiayaan berasal dari APBN. Termasuk detail engineering design (DED) dan kapan mulainya pembangunan. Dia membeberkan, rusunawa tahap II itu dibangun dengan kapasitas lantai dan kamar lebih sedikit dibanding rusunawa sebelumnya. ‘’Dulu lima lantai, sekarang tiga lantai,’’ sebutnya.

Rusunawa bantuan tersebut dibangun dengan tiga lantai. Mengenai jumlah unit hunian, Soeko memperkirakan terdiri dari 38 unit hunian. Perinciannya, lantai satu enam unit, dan 16 unit masing-masing berada di lantai dua dan tiga. ‘’Untuk anggarannya berapa, kami belum dapat kepastian,’’ tuturnya.

Rencananya, rusunawa dibangun di dekat rusunawa tahap I di Kelurahan Nambangan Lor, Manguharjo, Kota Madiun, yang selesai dibangun 2017 lalu. Taksiran anggarannya di bawah rusunawa tahap I sebesar Rp 18,1 miliar. Sebagai perbandingan, rusunawa tahap I dibangun lima lantai dan terdiri dari 70 unit hunian. ‘’Untuk calon yang akan menempati, kami sudah punya list,’’ ujarnya.

Calon penghuninya merupakan warga yang tidak kebagian unit hunian pada tahap I namun masuk dalam list data. Kendati tidak hafal jumlah pastinya, Soeko memastikan dari data tersebut telah diketahui by name by addres. ‘’Kami memakai data itu. Kami berharap rusunawa tahap I seperti itu dapat dimanfaatkan sebaik mungkin. Masyarakat harus dapat memelihara,’’ pintanya. (kid/c1/fin)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
close