Rumah, Kandang, dan Ternak Ludes Terbakar

86

NGAWI – Sial menimpa Sutrisno, 53, warga Dusun Genyol, Pojok, Kwadungan, Ngawi. Rumah dan kandang ternaknya ludes dilahap si jago merah Kamis malam (9/8). ‘’Setelah Salat Magrib kebakarannya,’’ kata Ardian, 22, salah seorang warga setempat yang turut berjibaku memadamkan api yang membakar rumah Sutrisno.

Ardian mengatakan api berkobar di atap kandang milik Sutrisno. Warga pun berbondong-bondong berusaha memadankannya. Atap rumah yang belum dijilat api diruntuhkan. Sambil menunggu mobil pemadam kebakaran datang, warga memadamkan dengan peralatan seadanya. Mulai pompa air diesel sawah hingga ember. ‘’Warga langsung ke sini semua, kebakaran disiarkan lewat pengeras suara masjid,’’ tambah Ardian.

Kurang lebih dua jam api berkobar meludeskan rumah Sutrisno. Dua ekor sapi di kandangnya mati terpanggang. Tiga ekor kambing milik kerabat Sutrisno yang dititipkan di kandangnya juga tidak terselamatkan Api baru bisa dijinakkan sekitar pukul 20.00, lalu pemadam kebakaran datang. ‘’Salah satu sapinya meteng (bunting),’’ ujar Ardian.

Sementara itu, Kasan, 34, warga lainnya mengatakan tidak ada yang berani menyelamatkan hewan ternak tersebut. Sebab, kobaran api kelewat besar. Diperkirakan, api cepat membesar lantaran kandang ternak dipenuhi jerami kering. ‘’Angin tidak begitu kencang. Bangunan kandang mayoritas berbahan kayu, juga banyak damen (jerami kering) di dalam kandang,’’ paparnya.

Bersama satu unit mobil pemadam kebakaran, aparat kepolisian yang mendapat laporan segera mendatangi lokasi kejadian. Kapolsek Kwadungan AKP I Wayan Murtika menduga kebakaran berasal dari api obat nyamuk bakar yang disulut di ruang yang berdekatan dengan kandang. ‘’Itu informasi sementara. Pemilik rumah (Sutrisno) sedang di sawah, istrinya pengajian,’’ ungkap Wayan.

Sutrisno dan istrinya shock berat. Bersama seorang anaknya, mereka diungsikan di salah satu rumah warga untuk ditenangkan. Sekitar pukul 21.00, api belum padam total. Bara dan kepulan asap masih keluar dari kandang. Sementara, dua ekor sapi dan tiga ekor kambing belum dievakuasi. (mg8/sat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here