Rombongan Disparpora Memukau Penonton Karnaval HUT Ke-74 RI

64
MEMUKAU: Rombongan Disparpora Ngawi mengundang decak kagum ribuan warga dalam karnaval memeriahkan HUT RI kemarin.

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Ribuan warga tumpah ruah di sepanjang rute karnaval memeriahkan HUT ke-74 RI Minggu (18/8). Mereka memadati jalur pawai mulai lokasi start depan Pendapa Ngawi hingga finis di Jalan dr Soetomo.

Banyaknya warga yang menonton di sepanjang rute karnaval pun membawa berkah bagi para pedagang. ‘’Sejak siang sudah banyak yang datang hendak menonton maupun berdagang,’’ kata Plt Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disparpora) Ngawi Raden Rudi Sulisdiana.

Ya, karnaval kemarin mampu menggeliatkan ekonomi masyarakat. Terutama mereka yang bergerak di bidang usaha kecil menengah (UKM). Mulai pedagang makanan-minuman dadakan hingga jasa persewaan kostum dan rias.

Disparpora sendiri kali ini mengusung rombongan sekitar 30 orang. Tidak ketinggalan Rudi tampil dengan kostum unik ala peserta karnaval di kota-kota besar. Kali ini organisasi perangkat daerah (OPD) tersebut menggandeng Riana -perancang busana ternama- memamerkan puluhan desain batik khas Ngawi. ‘’Kami angkat keragaman batik Ngawi,’’ ujarnya.

Rudi berharap, diangkatnya potensi lokal diharapkan mampu mengundang pelancong luar daerah hingga asing untuk berkunjung ke Bumi Orek-Orek. Pun, pawai Agustusan di Ngawi tidak kalah dengan karnaval-karnaval serupa di tanah air. ‘’Kami harapkan dari tahun ke tahun semakin meriah,’’ ucapnya.

Dia berharap, ke depan kemasan karnaval terus dikembangkan agar mampu meningkatkan angka kunjungan wisata di Ngawi. ‘’Ngawi juga siap menyambut rombongan peserta (balap sepeda) Tour D’indonesia,’’ pungkasnya. (gen/c1/isd/adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here