Rokok Bodong Masih Beredar Bebas di Magetan

88

MAGETAN – Peredaran rokok tanpa cukai atau ilegal di Magetan terus ditekan. Seperti melakukan razia di sejumlah toko oleh petugas satpol PP. Namun, belum ada penindakan tegas yang dilakukan. Sehingga, pedagang cukup leluasa untuk menjual rokok bodong.

Bebasnya peredaran rokok ilegal diakui Plt Kasi Penegak Perda Satpol PP Magetan Sumali. Pihaknya hanya melakukan sosialisasi. Belum ada penindakan berupa menyita barang dagangan. ‘’Kami pastikan tidak ada rokok ilegal yang beredar sekaligus memberi pengarahan kepada pemilik kios,’’ katanya kemarin (24/2).

Sumali memastikan ada sanksi bagi mereka yang kedapatan mengedarkan atau menjual rokok tanpa cukai. Karena itu sudah masuk dalam kategori tindak pidana. Sebab, keberadaan rokok ilegal bisa merugikan bagi masyarakat dan pemerintah karena melanggar peraturan. ‘’Kami akan berikan tindakan tegas. Baik itu berupa tindakan administratif hingga sanksi hukum,’’ tegasnya.

Diakui oleh Sumali, masyarakat selama ini masih belum menyadari pentingnya cukai rokok. Mereka sekedar membeli rokok tanpa mengetahui rokok tersebut sudah dilengkapi pita cukai rokok. ‘’Dengan sosialisasi itu diharapkan masyarakat ada kesadaran untuk tidak membeli rokok ilegal, karena membeli rokok ilegal itu merupakan perbuatan melanggar hukum dan dapat dipidana,’’ jelasnya.

Oleh karena itu, pihaknya bakal memberikan pembinaan secara intens kepada pelaku industri rokok di Magetan. Sebab keberadaan industri juga mampu meningkatkan perekonomian masyarakat. ‘’Jika ada yang melihat kecurangan saya harap melaporkan,’’ katanya. (mgc/her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here