Rock Balancing Bikin Takjub Pengunjung, Festival Gravitasi Bumi 4 di Seloondo Meriah

238
KESEIMBANGAN: Bupati Kanang ikut menjajal menumpuk batu ala balancing art.

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Puluhan tenda aneka warna berjajar di bawah pepohonan pinus. Sementara, puluhan orang menikmati sejuknya air sungai sembari menumpuk beberapa batu berukuran sedang hingga menjulang.

Momen itu terekam dalam festival gravitasi bumi di objek wisata Seloondo, Desa Ngrayudan, Jogorogo, Minggu (25/8). Pun, para pengunjung dibuat takjub saat peserta mampu menumpuk batu hingga ketinggian tertentu. ‘’Ini festival kali keempat yang kami selenggarakan,’’ kata Pj Kepala Desa Ngrayudan Prasetio Raharjo.

Festival yang merupakan bagian dari upaya warga setempat mensyukuri hasil panen yang melimpah itu digelar sejak Sabtu lalu (24/8). Selain ada lomba rock balancing (menumpuk batu), para wisatawan disuguhi aneka kegiatan. Mulai kemah, live music, tari tradisional, hingga pergelaran wayang.

Pun, tumpeng dan sejumlah hasil bumi diarak dari kantor desa hingga lokasi objek wisata untuk selanjutnya didoakan dan disantap bersama. ‘’Kami harapkan melalui festival ini Desa Ngrayudan dikenal di mata nasional dan internasional sehingga kunjungan wisata ke Seloondo meningkat dan bisa menggeliatkan perekonomian masyarakat,’’ ucapnya.

Upaya Pemdes Seloondo itu diapresiasi Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disparpora) Ngawi. Pun, sejak beberapa bulan silam, beragam promosi gencar digelar untuk mendongkrak angka kunjungan wisatawan. ‘’Kami selalu support potensi wisata yang memang layak untuk dikembangkan, baik sisi SDM maupun promosinya,’’ kata Kepala Bidang Pariwisata Disparpora Ngawi Totok Sugiharto.

Dia menyebut, Ngawi memiliki banyak potensi wisata. Termasuk wisata alam seperti air terjun, kebun teh, hingga bumi perkemahan seperti Seloondo. Pun, Totok optimistis mampu bersaing dengan tempat-tempat pelesiran luar daerah. ‘’Ngawi pantas masuk daftar kunjungan wisata di Jawa Timur,’’ ujarnya.

Bupati Budi ’’Kanang’’ Sulistyono mengapresiasi antusiasme warga menyaksikan festival gravitasi bumi di Seloondo. Dia optimistis, jika event itu dikembangkan bakal mampu menarik animo wisatawan luar daerah, bahkan luar negeri, untuk datang ke objek wisata tersebut. (gen/c1/isd/adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here