Ribuan Warga Hadiri Sinau Bareng Cak Nun

1440
SEPANGGUNG: Yenrizal Makmur, Emha Ainun Najib, Kanang, dan Hasto Wardoyo saat acara Sinau Bareng Cak Nun dan Kiai Kanjeng di Alun-Alun Merdeka (16/9).

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Kalau terencana semua lebih mudah. Kalimat itu dipilih menjadi tema acara bertajuk Sinau Bareng Cak Nun (Emha Ainun Najib) dan Kiai Kanjeng, kerja sama BKKBN dan Ponpes Segoro Agung.

Acara yang merupakan bagian advokasi program kependudukan dan keluarga berencana dan pembangunan keluarga (KKBPK) berbasis agama itu digelar di Alun-Alun Merdeka, Senin malam (16/9). ‘’Tagline ini mengajak kita untuk hidup berencana. Itu hal mendasar dan penting,’’ kata Kepala BKKBN Provinsi Jawa Timur Yenrizal Makmur.

Rizal mengatakan, dalam hidup semua harus terencana. Termasuk dalam menjalani hidup berkeluarga. Jika dapat direncanakan dengan baik, diharapkan kelak menjadi keluarga yang baik pula. ‘Keluarga adalah salah satu fondasi yang menentukan masa depan bangsa,’’ ujarnya.

Dia menuturkan, ada delapan fungsi keluarga menurut BKKBN. Yakni, fungsi agama, sosial budaya, cinta dan kasih sayang, perlindungan, reproduksi, pendidikan, ekonomi, serta pelestarian lingkungan. Melalui perencanaan hidup berkeluarga yang baik, diharapkan delapan fungsi tersebut juga bisa berjalan dengan baik. ‘’Sehingga keluarga Indonesia ke depan dapat menjadi keluarga sejahtera dan berkualitas,’’ ucapnya.

Sementara, Kepala BKKBN Pusat dr Hasto Wardoyo menyinggung kenapa pemerintah memberlakukan pembatasan usia pernikahan. Menurutnya, hal itu lantaran perempuan yang menikah dini rentan terkena kanker mulut rahim. Sebab, dari segi fisik belum siap bereproduksi. ‘’Intinya, menikah di usia dini itu berisiko,’’ tegasnya.

Bupati Ngawi Budi ”Kanang” Sulistyono mengaku sangat bersyukur karena tahun ini Ngawi dipilih untuk penyelenggaraan kegiatan tersebut. Pun, di depan ribuan jamaah maiyah, dia mengajak ikut menyukseskan program pemerintah, khususnya yang berkaitan dengan program BKKBN. ‘’Mari kita bangun keluarga yang terencana demi generasi yang lebih baik,’’ ajaknya. (rio/tif/c1/isd/adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here