Revitalisasi SMKN 2 Jadi Teaching Factory

92

PACITAN – Gebyar Revitalisasi SMKN 2 Pacitan digelar. Itu sesuai Instruksi Presiden (Inpres) 9/2016 dalam rangka peningkatan kualitas dan daya saing sumberdaya manusia (SDM). Salah satunya menciptakan generasi produktif dan siap kerja. ‘’Revitalisasi untukmewujudkan link and match sekolah dengan dunia usaha,’’kata Kepala SMKN 2 Pacitan Hendrix Subroto.

Menurut dia, paradigma pendidikan saat ini telah berubah. Kompetensi lulusan disesuaikan dengan pasar kerja. ‘’Dengan launching ini kami fokus untuk menghasilkan produk unggulan dari kompetensi yang ada di SMK ini,’’ jelasnya.

Dia pun menyebutkan revitasisasi SMKN 2 Pacitan dimulai produksi batik versi milenial kreasi siswa. Selain itu, budidaya ikan lele. Hasilnya, dijual dalam bentuk produk olahan yang memiliki nilai jual tinggi. ‘’Daging lele untuk abon, kulitnya untuk kerupuk dan tulangnya untuk tepung. Kami olah semua agar sebisa mungkin bisa dimanfaatkan,’’ ungkapnya.

Pihaknya pun tidak main-main. Untuk mewujudkan rencana revitalisasi SMKN 2 Pacitan sebagai teaching factory, pihaknya menggandeng PT Indoskill Sidoarjomelalui sejumlah studi banding. Tidak heran jika sistem pembelajaran tidak hanya dari proses melainkan juga profit. ‘’Bisa belajar ke industri juga konsep menjadi wirausahawan,’’ tegasnya.

Produk yang dihasilkan juga dalam bentuk pembelajaran non-akademik. Diantaranya lulusan yang memiliki bakat dalam bola voli dan sepaktakraw. ‘’Kami juga punya peran memberi citra positif kepada warga masyarakat Pacitan di dunia pendidikan bersamaan hari jadi ke-274 Pacitan,’’ tuturnya.

Kasi Kurikulum Dinas Pendidikan Provinsi Jatim Hery Triono menyambut baik gerakan SMKN 2 Pacitan. Pasalnya, pola pembelajarannya sudah disesuaikan Inpres 5/2016 yang berbasis produk. Menurut dia, pilihan tersebut sesuai untuk pelajar memasuki era milenial. ‘’Industri 4.0 diperhatikan dengan sistem robotis dan otomatis,’’ tambahnya.

Wakil Bupati Pacitan Yudi Sumbogo pun mengapresiasi revitasiliasi SMKN 2 Pacitan. Menurut dia, lulusan siap kerja memang tengah dicari. Pun melalui sejumlah program yang dipamerkan. Diantaranya minimart dan hotel yang akan diresmikan. ‘’Kami akan beri dukungan penuh. Termasuk melalui komite sekolah,’’ tuturnya. (odi/sat/her/adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here