Ngawi

Restorasi Benteng Pendem Tinggal Tunggu Lelang

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Restorasi Benteng Pendem –sebutan Benteng Van Den Bosch– bakal dimulai beberapa bulan ke depan. Menanti lelang tender yang kini tengah diproses pemerintah pusat.

Bupati Ngawi Budi ”Kanang” Sulistyono menjelaskan, restorasi akan dilaksanakan sesuai target waktu yang dijanjikan presiden. Meski di tahun ini baru menyentuh bagian strukturnya. Struktur yang dimaksud itu adalah beberapa bangunan yang jika tidak diperbaiki rawan ambruk. Sehingga tahapan restorasi tahun ini masih belum menyentuh inti bangunan. ‘’Mana-mana yang jadi prioritas restorasi itu akan dilakukan tahun depan,’’ katanya.

Restorasi juga tidak akan membongkar total bangunan benteng yang usianya lebih dari seabad itu. Melainkan hanya diperkuat puing-puingnya. Tentu saja harus menyesuaikan desain bangunan awalnya. Baik dari sisi bentuk maupun material yang akan digunakan, disesuaikan dengan bangunan benteng yang sudah ada. ‘’Pilar-pilar bangunan yang di tengah nanti akan diperbaiki. Begitu juga bangunan samping dan sebagainya,’’ terang Kanang.

Dia memperkirakan restorasi akan menyentuh sekitar 50 persen dari bangunan yang ada sekarang. Sisanya bakal dipertahankan seperti wujud aslinya. Sejarah Benteng Van Den Bosch tetap dipertahankan. ‘’Proses restorasinya menyesuaikan dengan bangunan yang dulu,’’ ujarnya.

Kala berkunjung ke Benteng Pendem Februari lalu, Presiden Jokowi langsung menunjuk Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) sebagai leading sector restorasi. Prosesnya harus melibatkan sejumlah pihak yang berkaitan. Seperti Badan Arkeologi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, serta TNI-AD selaku pemilik aset. (tif/c1/fin)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close