Ngawi

Restorasi Benteng Pendem Libatkan Lintaskementerian

NGAWI – Pemkab berpacu dengan waktu menindaklanjuti rencana restorasi Benteng Van den Bosch. Dalam waktu dekat diagendakan pertemuan lagi dengan pihak-pihak berkompeten terkait pemugaran bangunan yang dikenal dengan sebutan Benteng Pendem itu. ‘’Kalau nggak akhir bulan ini ya awal Maret nanti,’’ kata Bupati Ngawi Budi ‘Kanang’ Sulistyono kemarin (24/2.

Kanang menjelaskan, pertemuan itu kelak membahas lebih detail seputar rencana restorasi benteng. Salah satunya mengenai pembagian tugas masing-masing pihak terkait. ‘’Sebelumnya kan hanya dengan KemenPUPR, yang ini nanti ada beberapa kementerian lain,’’ ungkapnya.

Sejumlah kementerian itu di antaranya Kementerian Sekretariat Negara (Setneg) yang dinilai memiliki kaitan dengan aset negara. Juga Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) terkait status cagar budaya dan TNI Angkatan Darat. Sedangkan dari daerah ada Batalyon Armed 12 Kostrad/Angicipi Yudha. ‘’Kolaborasinya memang harus lengkap,’’ tuturnya.

Kanang menambahkan, proyek renovasi Benteng Van den Bosch kelak ditangani KemenPUPR. Termasuk pembuatan detail engineering design (DED)-nya. ‘’Karena mereka (KemenPUPR, Red) yang lebih mampu,’’ ungkapnya.

Menurut dia, renovasi benteng tidak boleh dilakukan sembarangan. Harus sesuai kaidah kepurbakalaan. ‘’Tugasnya pemda nanti hanya memfasilitasi supaya pelaksanaan renovasi berjalan lancar dan tepat waktu,’’ ujarnya.

Sekadar diketahui, saat mengunjungi Benteng Pendem pada 1 Februari lalu Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan pemerintah siap merestorasi bangunan tersebut. Pun, dia berharap tahun ini proses pemugaran sudah bisa dimulai.

Menurut dia, Benteng Van den Bosch bukan sekadar bangunan tua yang kini bernilai wisata. Lebih dari itu, benteng tersebut merupakan salah satu warisan pusaka yang harus dipelihara. (tif/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
close