Pacitan

Resepsi Dilarang, Akad Nikah Boleh di Rumah

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Kebijakan terkait pelayanan pernikahan saat pandemi Covid-19 dilonggarkan. Calon pengantin (catin) kini bisa melaksanakan pernikahan di luar kantor urusan agama (KUA) karena sudah memasuki era new normal.

Keputusan itu berlaku berdasarkan surat edaran (SE) yang dikeluarkan oleh Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama. Meski demikian, ada syarat-syarat yang harus dipenuhi calon pengantin bila ingin melangsungkan akad nikah di luar KUA.

Misalnya untuk pelaksanaan akad nikah di KUA dan rumah bisa dihadiri maksimal 10 orang. Sementara untuk pelaksanaan akad nikah di masjid atau gedung pertemuan dapat dihadiri maksimal 20 orang. ‘’Tidak boleh lebih dari itu dan prosesnya tidak diperkenankan lama-lama,’’ kata Jubir Tim Gugus Tugas Penanggulangan (TGTP) Covid-19 Pacitan Rahmad Dwiyanto Minggu (28/6).

Sanksi berat menanti para catin apabila syarat tersebut dilanggar. Seperti pembubaran acara jika pendekatan secara persuasif tidak dihiraukan. Selain itu, harus ada pemberitahuan ke pemerintah desa (pemdes). ‘’Mungkin kalau nanti kita sudah (masuk) zona hijau kebijakan ini akan dibahas kembali,’’ ujar kepala diskominfo itu. (gen/c1/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
               
         
close