Rencana Penerimaan Calon PPPK Semakin Tidak Jelas

71

PACITAN – Sempat beredar kabar penerimaan calon pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) digelar Januari 2019. Namun, hingga memasuki Februari, ternyata tidak ada apa-apa. Padahal, para tenaga honerer yang gagal dalam penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018 telah menunggu. ‘’Katanya ada penerimaan PPPK Januari lalu. Tapi sampai saat ini kok belum dibuka,’’ kata Edi Supratikno kemarin (2/2).

Tenaga honorer salah satu sekolah dasar di Kebonagung, Pacitan, itu pun menduga kabar tersebut fiktif. Dia menilai sekadar meredam gejolak tenaga honorer yang kecewa sebelum seleksi CPNS 2018 lalu lantaran pembatasan usia. Jika rencana tersebut benar, dia minta kejelasan. ‘’Paling tidak diumumkan resmi pendaftarannya kapan,’’ ujarnya.

Karena kondisi tersebut, simpatinya kepada pemerintah pun menurun. Sebab, setelah kecewa akibat pembatasan usia yang membuatnya gagal mendaftar CPNS, penerimaan calon PPPK pun membuatnya geregetan. Meski PPPK bukan targetnya. ‘’Harapannya dulu bisa jadi PNS dan dapat pensiunan. Tapi, PPK cuma kontrak dan tidak ada pensiunnya. Itu pun belum jelas kapan,’’ sergahnya.

Terpisah, Plt Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Pacitan Sakundoko pun belum mendapat kabar resmi tekait seleksi PPPK. Belum lama ini, pihaknya mendapat undangan rapat Badan Kepegawaian Nasional (BKN) di Batam. Sayangnya, kapan penerimaan PPPK digelar juga belum terjawab. ‘’Jadi, baru sekadar sosialisasi tentang PPPK,’’ katanya.

Sakundoko pun berharap pelaksanaan penerimaan calon PPPK tidak terburu-buru. Alasannya, saat ini BKN dan BKPPD masih fokus pada penerimaan CPNS 2018. Yakni, proses pengajuan untuk mendapatkan nomor induk pegawai (NIP). Sedangkan dalam verifikasi, tidak terjadi masalah. ‘’Semua lolos proses verifikasi berkas,’’ ungkapnya. (odi/c1/sat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here