Rencana Pemanfaatan Eks Terminal Seloaji Masih Gelap

60
TAK TERAWAT: Bangunan eks peron Terminal Seloaji dibiarkan tak terurus sejak pelimpahan pemerintah pusat, 2017 silam.

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Pemkab Ponorogo belum punya rencana memanfaatkan bangunan bekas peron Terminal Tipe A Seloaji. Wacana yang dilontarkan dinas perhubungan (dishub) dan wakil bupati belum diajukan secara resmi. ‘’Untuk konsep ke depan sampai sekarang belum ada,’’ kata Kepala Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Bambang Tri Wahono Jumat (20/9).

Bangunan tersebut mangkrak sejak 2017. Kala itu, tiga dari lima hektare lahan terminal dilimpahkan ke pemerintah pusat untuk terminal baru. Dua hektare sisanya masih tercatat sebagai aset daerah. Hingga kini, kata Bambang, belum jelas pemanfaatannya. ‘’Kami perlu komunikasikan lebih lanjut dengan dishub,’’ ujarnya.

Sejatinya, kata Bambang, pemkab kekurangan kantor. Dia mengklaim hanya bekas peron terminal yang mangkrak. Sementara, kantor sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) tak memadai. Salah satuynya dishub yang kini menempati kantor tua bekas dinas penerangan.

Nasib dispora juga tak jauh beda. OPD yang baru dibentuk itu kini berkantor di GOR Singodimedjo. ‘’Tapi, tidak serta merta disiapkan kantor baru, karena seiring dengan penataan organisasi yang saat ini masih berjalan. Setelah penataan selesai, baru bisa merencanakan pembangunan kantor baru,’’ beber Bambang.

Menurutnya, luas lahan eks peron terminal itu potensial. Pun kondisi bangunan masih relatif bagus. Di area selatan, dulu ada bangunan penginapan yang dikelola oleh dispar. Ke depan, bukan tidak mungkin dihidupkan kembali untuk menunjang keberadaan Terminal Seloaji.

Dua wacana pemanfaatan yang dilontarkan dishub maupun wabup, sebut Bambang, sama-sama oke. Hanya, perlu ditindaklanjuti serius dan dikaji matang. ‘’Bisa saja untuk dua-duanya, kantor dishub dan gedung serbaguna. Karena lahannya cukup luas,’’ tandasnya. (naz/c1/sat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here